Ternyata Negara Ini Membeli Banyak Ikan Dari Jateng

SEMARANG (asatu.id)  – Eskpor ikan segar di Provinsi Jawa Tengah terus melonjak, hal ini di sebabkan produksi ikan masih tinggi, meskipun kini sedang memasuki musim penghujan namun tangkapan nelayan masih saja banyak, khususnya untuk daerah Pantura Jateng.

Amerika Serikat menjadi negara yang paling banyak membeli ikan dari Jateng, sebab tingginya konsumsi ikan laut segar dinegara tersebut, dan pembeli terbanyak berikutnya adalah negara Jepang mengingat budaya masyarakat yang gemar makan ikan segar.

Kepala Balai Karantina Ikan Semarang Gatot Perdana mengungkapkan, ekspor Ikan di Jateng naik drastis mencapai 66,7% atau senilai Rp327 miliar lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu dengan kenaikan volume 73,4% atau sebanyak 3874 ton pada periode yang sama.

“Kenaikan ekspor kali ini dipicu oleh banyaknya permintaan terutama untuk negara besar seperti Amerika Serikat, Jepang, Vietnam dan China yang membeli ikan dalam jumlah yang cukup besar,” ujarnya Rabu (20/12).

Pihaknya mengungkapkan, untuk penghasil ikan terbanyak ada di beberapa kota yang ada dalam kawasan pantai utara Jawa seperti Semarang, Demak, Jepara ada juga yang dari bagian selatan namun jumlahnya sedikit.

“Untuk komoditi utama ekspor yakni jenis rajungan sebesar 3228 ton diikuti udang 3330 ton dan cumi cumi sebanyak 5013 ton jumlah ini cukup banyak dan merupakan pasar potensial eskpor terutama rajungan,” pungkasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *