Antisipasi Bencana saat Natal, PT KAI Siapkan AMUS di 7 Stasiun

SEMARANG (asatu.id) – Untuk mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor saat long weekend Natal 2017, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS) di tujuh stasiun wilayah Jawa Tengah.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Edy Koeswoyo, perlengkapan AMUS akan ditempatkan di tujuh stasiun saat masa angkutan Natal dan Tahun Baru diberlakukan mulai 22 Desember-7 Januari 2018 mendatang.

Ketujuh stasiun yang dimaksud, yakni Stasiun Pemalang, Pekalongan, Semarang Poncol, Semarang Tawang, Brumbung, Gundih dan Cepu.

“Di lokasi tersebut, kita siapkan AMUS yang berupa beberapa sak karung, kayu, pasir, gerbong datar serta eksavator untuk menarik gerbong kereta yang terperosok dari bantalan rel,” ujar Edy kepada asatu.id, di Semarang, Jumat (15/12).

Ia menyatakan kesiapan peralatan AMUS demi mengantisipasi lebih dini kejadian banjir dan longsor yang ada di jalur perlintasan tersebut. Ia mengklaim AMUS mampu mengatasi perjalanan kereta yang berpotensi terhalang maupun terhambat banjir dan longsor.

Edy mengatakan pihaknya berjanji untuk meningkatkan mutu pelayanan di area stasiun saat Natal dan Tahun Baru tiba. “Posko keamanan, kesehatan dan posko operasi terpadu akan dimaksimalkan sampai perayaan Tahun Baru selesai,” tandasnya.

Seperti diketahui, terdapat dua perjalanan kereta tambahan untuk jurusan Semarang, yaitu Kereta Argo Muria dan Argo Sindoro yang melayani penumpang dari Jakarta menuju Semarang maupun sebaliknya.

Di luar itu, juga ada kereta tambahan lainnya yang melintasi Semarang meliputi KA Kertajaya, KA Matarmaja, dan KA Sembrani. (is)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *