5 Manfaat Lemon Bagi Kesehatan, Baik untuk Kulit Hingga Pencernaan

SEMARANG (asatu.id) – Buah lemon ternyata memiliki banyak keuntungan bagi tubuh. Tak hanya bisa dinikmati sebagai minuman tetapi juga dapat digunakan sebagai obat. Dikutip dari situs laman kesehatan, lemon memiliki banyak kandungan yang bermanfaat tak hanya vitamin C saja tetapi thiamin, riboflavin, vitamin B-6, asam pantotenat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium.

Lengkapnya kandungan yang ada dalam lemon berkhasiat untuk tubuh dan kesehatan. Tak heran, Anda pun direkomendasikan untuk mengonsumsi satu buah lemon setiap hari. Mau tahu berbagai manfaat lemon selain untuk menurunkan berat badan. Berikut lima manfaat buah lemon yang telah dihimpun oleh Asatu.id :

1. Menstabilkan pH

Pentingnya keseimbangan asam dan basa tubuh bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan Ph dalam tubuh cenderung asam dan itu tidak baik bagi metabolisme tubuh. Maka lemon bermanfaat untuk menetralisir asam berlebih dan mengubah sifat asam menjadi basa ketika di lambung. Lebih ampuhnya lagi dapat mengobati sakit maag dan mencegah batu ginjal.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Tak hanya untuk kesehatan organ dalam, ada pula manfaat bagi kulit. Vitamin C yang ada dalam lemon sangat berpengaruh bagi zat penyusun kulit manusia yaitu kolagen. Jika vitamin C di dalam tubuh dengan jumlah yang memadai akan membantu pembentukan kolagen yang semakin baik dan optimal. Tingginya vitamin C dalam lemon dapat memelihara kesehatan kulit, mengurangi kerutan kulit dan meningkatkan kualitas kulit. Selain itu juga dapat digunakan sebagai masker wajah terutama bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan bermasalah dengan jerawat.

3. Melancarkan Pencernaan

Bagi Anda yang susah buang air besar (BAB), lemon membantu mengatasi permasalahan ini. Caranya, Anda dapat mengkonsumsi air lemon secara teratur. Lemon digunakan untuk meningkatkan gerakan peristaltik di perut sehingga buang air besar pun dapat terjadi secara teratur. Selain itu, lemon juga dianggap bisa menghilangkan limbah tubuh dengan baik. Sistem pencernaan yang baik akan sangat penting bagi proses penurunan berat badan.

4. Merawat Kesehatan Mulut

Salah satu manfaat lemon untuk kesehatan mulut digunakan untuk membersihkan gigi. Caranya dengan mengoleskan lemon di permukaan gigi. Selain disebut bisa membersihkan, lemon juga membantu menyembuhkan gigi yang sakit lho! Ya, lemon dapat membantu untuk menyingkirkan rasa sakit dan mampu menghilangkan bau mulut yang berasal dari berbagai penyakit pada gusi.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker adalah penyakit yang banyak ditakuti banyak orang karena berbahaya dan mematikan. Terjadinya penyakit kanker dikarenakan adanya radikal bebas yang berlebihan dan mengacaukan sistem tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam lemon disebut dapat menangkal dan menetralisir radikal bebas sehingga melindungi tubuh dari penyebab kanker. (Wiedya Yunita)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *