5 Khasiat Konsumsi Rutin Teh Hijau, Rawat Kecantikan Hingga Kesehatan Jantung

SEMARANG (asatu.id) – Teh telah menjadi minuman yang jamak dikonsumsi tanpa mengenal umur. Mulai dari kaum remaja bahkan hingga lanjut usia selalu menikmati teh. Minuman ini juga mudah didapatkan, semua tempat makan selalu menyediakan berbagai teh.

Berbagai ragam teh pun banyak beredar di pasaran. Semua mengklaim bahwa minuman tehnya yang paling sehat dan baik untuk dikonsumsi. Tetapi diantara semua teh yang ada, teh hijau memiliki pamor yang paling kuat dikenal sebagai teh yang berkhasiat.

Bagi penikmat minuman ini, maka teh tak hanya enak untuk dinikmati tetapi juga membawa berbagai khasiat. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini 5 khasiat jika Anda rutin mengonsumsi teh hijau :

1. Meningkatkan fungsi ginjal

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di “The British Journal of Nutrition” yang dikutip dari media kesehatan online, para ilmuwan di Kuwait University menemukan bahwa konsumsi teh hijau mencegah akumulasi glikogen di dalam ginjal dan meningkatkan fungsi ginjal. Penyakit ginjal  merupakan penyakit komplikasi umum di antara penderita diabetes. Sehingga teh hijua baik untuk dikonsumsi karena memiliki kadar gula yang rendah.

2. Menurunkan berat badan

Salah satu pamor the hijau yang terdengar adalah bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, teh hijau disebut mampu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Zat katekin yang terkandung dalam teh hijau inilah yang ampuh membakar lemak tubuh.

3. Menjaga kesehatan mulut

Selain mampu menurunkan berat badan, zat katekin terjuga juga dapat membantu menghentikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan masalah gusi dan gigi berlubang. Jadi teh hijau rupanya bisa membantu Anda untuk membuat mulut tetap segar dan terjaga kebersihannya.

4. Baik bagi kulit

Teh hijau diketahui juga mengandung sejumlah besar antioksidan bernama epigallocatechin gallate (EGCG). Manfaatnya dapat membuat kulit menjadi lebih sehat. Kabarnya zat ini yang disebut memiliki potensi untuk mengobati kanker kulit.

5. Ramah bagi jantung

Minuman teh hijau memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan pembuluh darah. Orang yang mengonsumsi teh hijau secara teratur disebut memiliki pembuluh darah yang sehat dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol  dan tekanan darah.

Setelah membaca lima khasiat dari teh hijau, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? (Ajeng Dwi Wardani)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *