Ini 5 Manfaat Pilih Yoga Untuk Sehatkan Tubuh dan Pikiran

SEMARANG (asatu.id) – Yoga, masih menjadi pilihan berolahraga kaum urban. Pasalnya, olahraga ini disebut memberikan banyak keuntungan. Tak hanya mengombinasikan gerakan tubuh saja, keseimbangan dan konsentrasi pun dibutuhkan saat melakukan yoga.

Olahraga ini juga bahkan disebut cocok dilakukan oleh semua kalangan dan setiap umur. Terlebih bagi para manula dan ibu hamil, yoga sangat disarankan.

Lalu, apa saja sih manfaat dan keunggulan melakukan yoga?Berikut informasi yang telah dihimpun oleh asatu.id :

1. Sebagai Media Relaksasi

Setiap gerakan yoga memiliki filosofis dan fungsi. Gerakan-gerakannya juga memiliki urutan dan dilakukan dengan penuh konsentrasi sehingga seluruh anggota badan ikut bergerak dan aktif. Kondisi ini membuat peredaran darah menjadi lancar dan tubuh Anda pun akan menjadi lebih sehat.

Selain itu, saat beryoga biasanya diiringi dengan instrument musik rileksasi hingga suara-suara alam yang membuat tubuh menjadi lebih rileks. Hasilnya, Anda pun mendapatkan ketenangan dan kenyamanan saat melakukan yoga.

2. Menurunkan Tingkat Stres

Ketika Anda merasa rileks dan tenang saat melakukan yoga, maka ada manfaat lain yang yaitu mengendurkan otot dan menurunkan level stres. Saat melakukan yoga, instruktur yang memandu biasanya akan membawa Anda untuk merileksasikan seluruh tubuh dan pikiran.

Jika Anda tengah mengalami stres maka melakukan yoga beberapa menit dipercaya mampu menurunkan tingkat kecemasan dan membuat Anda menjadi lebih tenang.

3. Mengelola Emosi Positif

Melakukan yoga juga membuat Anda bisa memasukkan unsur energy positif dalam tubuh. Pasalnya, setiap gerakan yang dilakukan membuat Anda wajib mengontrol semua emosi dalam diri. Hasilnya, emosi positif seperti merasa nyaman, bahagia, senang dan sebagainya akan muncul saat yoga berlangsung.

4. Meningkatkan Kerja Jantung

Yoga juga termasuk dalam kategori olahraga cardio. Jenis olahraga cardio ini merupakan jenis olahraga yang menuntut kerja jantung, dan mengoptimalkan kerja jantung. Olahraga ini bahkan tidak kalah manjur seperti berenang, berlari, dan  aktitivitas lainnya yang meningkatkan kerja jantung.

Positifnya,saat melakukan yoga maka Anda dapat mengoptimalkan kerja jantung, dan mengatur detak jantung. Apabila olahraga ini rutin dilakukan, Anda dapat terhindar dari seperti serangan jantung dan gagal jantung.

5. Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Semua rangkaian gerakan dari yoga diisyaratkan untuk membuat seluruh anggota tubuh aktif bekerja. Terlebih saat Anda juga akan diminta fokus dan berkonsentrasi saat melakukan setiap gerakan.

Nah, konsentrasi berbanding lurus dengan kemampuan daya ingat sehingga tak heran apabila melakukan olahraga ini maka dipastikan daya ingat Anda akan meningkat.

Setelah mengetahui berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari yoga, apakah Anda berminat mencobanya?Yuk, berlatih yoga demi kesehatan tubuh dan pikiran!(Nadya)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *