Lestarikan Lingkungan dengan ’Sak Uwong Selawe Uwit’

SEMARANG (asatu.id) –  Pemerintah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ingin melestarikan lingkungan di wilayahnya. Setelah meluncurkan program Sak Uwong Sak Uwit, kali ini Pemprov meningkatkan programnya menjadi Sak Uwong Selawe Uwit.

Untuk merealisasi program kegiatan ini, Pemprov Jateng menggandeng Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), TNI dan masyarakat sebagai wujud nyata untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Demikian Wakil Gubernur Jateng Drs Heru Sudjatmoko MSi saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo SH MIP pada apel penanaman pohon bersama Korpri Provinsi Jawa Tengah, TNI, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan “Sak Uwong Selawe Uwit“, di Lapangan Tembak Kodam IV Diponegoro, Tembalang, Semarang, Senin (20/11). Tak sekadar menanam, namun masyarakat diminta dapat menjaga dan memeliharanya.

“Masyarakat yang hadir pada kesempatan ini, saya ajak untuk bisa menjadi pelopor dalam penanaman pohon dan memeliharanya,” katanya.

Kegiatan bhakti sosial penghijauan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-46 Korpri Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2017 itu merupakan bagian dari gerakan menanam ”Sak Uwong Selawe Uwit”. Targetnya, setiap orang perlu menanam 25 pohon demi menjaga lingkungan. Aksi penanaman dapat dilakukan melalui berbagai acara dan di mana pun berada.

Menurutnya, banyak kesempatan yang bisa dimanfaatkan untuk aksi menanam bersama. Baik saat hari ulang tahun, upacara wisuda, pernikahan, melahirkan, talak atau cerai, mengikuti pendidikan dan latihan (diklat), seminar, promosi, sertijab, dan sebagainya. Baik di lahan kritis maupun produktif dan lahan kosong, sehingga menjadi kawasan hijau dan bermanfaat bagi semua.

Heru berharap lewat aksi penanaman semakin banyak pohon yang ditanam dan membawa berkah. Setidaknya dapat mencegah banjir dan tanah longsor, penyerapan air di dalam tanah, bertambahnya oksigen, serta berkah memanen pohon yang ditanam.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Dr Ir Sri Puryono KS MP sekaligus Ketua Dewan Pengurus Korpri Provinsi Jateng menyebutkan, dalam kegiatan bertema “Kerja Bersama, Setia Sepanjang Masa” ini dilakukan penanaman berbagai jenis pohon sebanyak 12.000 batang. Dengan rincian 8.000 pohon telah dilaksanakan Kodam IV Diponegoro, dimulai 10-16 November 2017. Sedangkan penanaman di Lapangan Tembak Tembalang pada Senin (20/11), sebanyak 1.500 batang pohon.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *