Kembangkan Microfinance, Bank Jateng Gelar IIMF

SEMARANG (asatu.id) – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (BPD Jateng) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jateng, Asbanda dan Universitas Diponegoro menggelar The 1st Indonesia International Microfinance Forum 2017 (IIMF 2017).

Kegiatan IIMF akan digelar dua hari mulai 18-19 November 2017, di Gedung Akademi Militer (Akmil) Magelang. Salah satunya tujuan acara ini adalah untuk mengembangkan skema microfinance (keuangan mikro).

“Kami mendapatkan saran masukan dan refensi pengembangan microfinance, baik di bidang pendanaan maupun pembiayaan,” kata Pujiono, Direktur Bisnis Bank Jateng dalam konferensi pers, Jumat (17/11).

Dalam acara ini akan dibahas mengenai makalah penelitian, monografi, studi kasus dan pengalaman mengenai topik dan alternatif pembiayaan microfinance.

Supriyatno, Direktur Utama Bank Jateng bilang, acara berskala internasional ini diharapkan bisa berkontribusi terhadap pengembangan ekonomi daerah. Selain juga diharapkan bisa meningkatkan sinergi antara Bank Jateng dengan BPR regional se-Jawa Tengah.

Dia mengungkapkan pada Oktober 2017, Bank Jateng membukukan laba hingga Rp 1,56 triliun. “Kami pada Oktober 2017 tumbuh 21,41 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Seiring dengan meningkatnya laba tersebut, total aset Bank Jateng mengalami kenaikan sebesar 21,25 persen menjadi Rp 67,33 triliun,” ungkapnya.

Direktur Bisnis Bank Jateng, Pujiono menuturkan kegiatan IIMF akan memiliki target meningkatkan produktivitas usaha mikro di Indonesia.

“Target tahun ini, untuk kredit UMKM di angka Rp 8,7 triliun namun kami telah membukukan sekitar Rp 9,5 triliun. Nantinya di acara itu kami juga akan akan ada MoU dengan BPR dan BKK untuk pemberian kredit maksimal 3 persen yang diperuntukkan khusus bagi para pedagang pasar,” tutur Pujiono.

IIMF yang pertama kali digelar akan diisi oleh 50 booth dari seluruh Indonesia dan terdapat juga lomba mewarnai gratis bagi siswa TK dan SD dengan hadiah berupa 20 tabungan senilai Rp 250.000 dan 50 hadiah hiburan.

Adapun lomba fotografi dan berhadiah tabungan Rp 500.000 bagi lima orang pemenang.

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *