Gatot : Pelajar Akan Hadapi Tiga Tantangan

SEMARANG – Ada tiga tantangan dimasa mendatang yang harus dihadapi pemuda khususnya para pelajar dalam mengarungi peradaban zaman. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah (Jateng), Gatot Bambang Hastowo, Jumat (17/11).

Dihadapan 500 siswa –  siswi dari SMA N 14 Semarang, SMA N 10 Semarang, SMK Negeri 10 Semarang dan SMK Negeri Jateng, Gatot mengatakan tiga tantangan yang menyertai peradaban yakni automasi, globalisasi, dan kolaborasi.

“Tantangan automasi ini peran mesin eletronik dan sistem komputer akan semakin besar, seperti saat ini dunia industri sudah mulai memaksimalkan mesin otomatis untuk produksinya,” ujarnya di aula SMA N 14 dalam kegiatan bertajuk Gubernur Mengajar dan dalam rangkaian acara Kolaborasi Penanaman Pohon Dengan Dunia Pendidikan Menuju Jawa Tengah Go Green.

Tentangan kedua, lanjutnya, yakni globaliasi, dimana akses terhadap informasi semakin terbuka lebar seiring perkembangan teknologi yang kian pesat.

“Terakhir adalah kolaborasi, kedepan kita tidak bisa bekerja sendiri namun bekerja secara tim,” katanya.

Untuk itu, Gatot menyampaikan kepada pelajar harus tetap belajar keras, ikhlas cerdas dan ikhlas mengarungi tantangan di masa yang akan datang.

“Semoga kalian bisa menjadi kader bangsa yang berkualitas yang menciptakan karya untuk membangun bangsa, siapa tahu siswa – siswa ini ada yang kelak menjadi gubernur ataupun kepala dinas,” tuturnnya disambut salam doa dari para siswa. (isan)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *