Ganjar: Wayang Tumbuhkan Cinta Anak pada Seni dan Budaya

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyapa hangat perwakilan siswa-siswi Sekolah Dasar (SD), yakni SD Manyaran 03 dan SD Al Firdaus Peleburan dalam acara Karawitan Pelajar SD, di Halaman Radio Republik Indonesia (RRI) Semarang Jl Ahmad Yani, Senin (13/11).

Dalam pementasan yang merupakan rangkaian Peringatan Hari Wayang Nasional itu, Ganjar mengatakan, melalui kegiatan wayangan, mampu menumbuhkan kecintaan terhadap seni dan budaya bangsa, khususnya bagi anak-anak.

“Kesenian Jawa bisa dikatakan tidak pernah pingsan atau pun tidak pernah mati, bahkan tumbuh. Sebenarnya berkesenian adalah gedung kebudayaan yang harus terus kita dihidupkan,” ujarnya

Menurut Ganjar, untuk menumbuhkan minat kesenian di kalangan anak-anak harus melalui pembiasaan berkesenian, sekaligus diberikan ruang pementasan.

“Caranya dengan membiasakan kalau tidak biasa hilang, tidak ada event, tidak ada panggung, maka akan hilang jadi harus ada panggung,” katanya Politikus PDIP.

Ganjar menambahkan dengan adanya fasilitas panggung atau acara seni bagi anak-anak, rasa percaya diri akan tumbuh.

“Kalau mereka berlajar berani tampil, Itu akan menunjukkan kepercayaan diri. Ini konsep diri yang saya berikan, sehingga mereka bisa menunjukkan talentanya,” imbuhnya.

Dalam acara itu Ganjar sempat memberikan tantangan kepada siswa siswi yang berani unjuk gigi diohadapan pemimpin nomer satu di Jateng itu.

Salah satunya Rafa, perwakilan siswa SD Al Firdaus Peleburan ini unjuk kebolehan nembang Jawa.

Sementara ketua pelaksana, ST Sukirno mengaharapkan melalui kegiatan ini kesenian wayang bisa terus timbuh dam berkembang. (isan)  

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *