Jelang Pilgub Jateng, 31.000 Warga Magelang Belum Rekam KTP Elektronik

SEMARANG (asatu.id)  – Komisi A DPRD Jateng menemukan sekitar 31.000 warga Kabupaten Magelang yang belum melakukan rekam data  KTP elektronik (KTP el). Padahal, proses itu sangat diperlukan untuk menerbitkan KTP el atau surat keterangan sebagai syarat pemilih dalam Pilgub Jateng pada 27 Juni 2018.

“Ada 31 ribuan yang belum ber-KTP el. Saat ini hanya ada tujuh dari 21 kecamatan yang ready dalam proses perekaman KTP el,” kata Ketua KPU Kabupaten Magelang Afifudin di hadapan Komisi A DPRD Jateng, Rabu (8/11).

Komisi yang membidangi pemerintahan itu mengunjungi KPU Kabupaten Magelang untuk memantau kesiapan lembaga tersebut dalam menyongsong Pilgub Jateng 2018.

Menurut Afifudin, untuk membantu calon pemilih mendapat KTP elektronik, KPU akan menggenjot sosialisasi ke sejumlah pedesaan. Termasuk, sosialisasi ke beberapa SMA untuk menjaring pemilih pemula.

“Soal pemilih pemula, kami (KPU) sudah meminta dispensasi bagi pemilih yang berusia 17 tahun pada hari H Pilgub Jateng pada 27 Juni 2018 untuk mendapatkan KTP el atau surat keterangan. Kami berupaya jemput bola ke sekolah untuk mencari siswa yang berpotensi sebagai pemilih pemula,’’ ujarnya.

Dengan program jemput bola ini, lanjut dia, KPU berharap pada Mei 2018 angka kekurangan warga yang belum merekam data KTP el sebanyak 31 ribu jiwa itu bisa terselesaikan.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi A DPRD Jateng Fuad Hidayat mengaku sangat apresiatif dengan upaya yang dilakukan KPU setempat. Menurut dia, upaya sosialisasi harus terus diusahakan untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih.

“Kami berharap KPU bisa menyelesaikan persoalan tersebut menjelang Pilgub Jateng 2018,” kata Legislator PKB itu.

Sementara Anggota Komisi A DPRD Jateng Bambang Haryanto menyarankan agar KPU lebih mengutamakan kualitas saat seleksi penyelenggara pemilu, seperti Panitia Pemilihan tingkat Kecamatan (PPK). Karena, dengan memiliki sejumlah PPK yang mumpuni, maka kinerjanya pun dipastikan lebih profesional.

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *