Bunyamin: Penerapan Fullday School Tergantung Sekolah

SEMARANG (asatu.id) – Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Drs Bunyamin  MPd mengatakan, dalam Perpres No 87 Tahun 2017 terkait Penguatan Pendidikan Karakter atau PPK, sekolah diberikan kebebasan dalam menerapkan fullday school atau tidak.

Menurutnya, penerapan sistem pembelajaran baik lima atau enam hari ini tergantung pada masing-masing sekolah dan semuanya dibolehkan.

“Kami mempersilakan, jika sekolah mau kembali menerapkan enam hari sekolah. Tapi harus melalui mekanisme musyawarah bersama dengan murid, orang tua murid, komite sekolah untuk mengkajinya,” ujarnya, Selasa (7/11).

Terkait dengan tidak efektifnya fullday school, Bunyamin secara tegas menolak anggap tersebut. Ia menjelaskan melihat beberapa sekolah yang sudah menerapkan sekolah lima hari, justru memberikan tambahan-tambahan pendidikan karakter dengan menggandeng pihak yang berkompeten.

“Lima hari siswa belajar di sekolah, maka siswa memiliki banyak waktu bersama keluarga. Tentunya itu juga memberikan kesempatan untuk belajar ekstrakulikuler di luar lingkup sekolah,” imbuhnya.

Sebelumnya, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPRD Kota Semarang mendesak Dinas Pendidikan agar menghentikan penerapan sistem fullday school di sekolah-sekolah yang diujicoba, dan mengembalikan penerapan sistem pembelajaran seperti semula. Penolakan tersebut disampaikan dalam rapat Paripurna DPRD Kota Semarang, Senin (6/11).

Menurut Ketua FPKS DPRD Kota Semarang Suharsono menerangkan fullday school berdampak pada kegiatan pendidikan karakter dan keagamaan yang diselenggarakan masyarakat pada waktu sore hari seperti madrasah dan taman pendidikan Alquran.

“Padahal semestinya pendidikan karakter di sekolah dan masyarakat harus beriringan. dengan anak delapan jam disekolah, mereka tidak ada waktu mengikuti pendidikan karakter di madrasah/TPQ karena pulang sekolah sudah sore hari dan kelelahan,” tukasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *