5 Cara Keluar dari Zona Nyaman, Coba dan Buktikan!

SEMARANG (asatu.id) – Berada di zona nyaman?Jangan senang dulu karena zona nyaman itu tidak menyediakan sedikit pun ruang untuk membuat hidup lebih hidup?

Anda menyadari hal ini tetapi takut untuk membuat keputusan keluar dari zona nyaman? Seiring berjalannya waktu Anda justru akan merasa kewalahan akibat terkurung terlalu lama di dalam kebosanan dan ketakutan yang Anda bangun sendiri.

Mungkin sekarang inilah saatnya bagi Anda untuk meruntuhkan batasan tersebut! Percayalah, keluar dari zona nyaman tidak hanya membuat hidup Anda terasa semakin menarik, tetapi juga akan meningkatkan kepercayaan diri dan keberuntungan Anda!

Berikut 5 cara keluar dari zona nyaman dapat Anda coba yang sudah di rangkum oleh asatu.id

 

1. Evaluasi hidup Anda

Langkah pertama untuk keluar dari zona kenyamanan Anda adalah dengan memahami dulu dimana zona kenyamanan Anda saat ini. Cobalah menganalisis kegiatan sehari-hari atau penampilan Anda dan lihatlah apakah ada pola tetap. Apakah Anda selalu memakai model baju yang itu-itu saja atau memiliki gaya rambut yang ‘ketinggalan jaman’? Apakah Anda ingin bergaul dengan beberapa orang atau mengerjakan rutinitas yang sama hari demi hari? Ini akan memberikan indikasi dari pola apa yang membuat Anda terjebak dengan zona nyaman Anda.

 

(Baca juga : https://asatu.id/2017/11/03/butuh-mood-booster-5-cara-ini-sukses-bikin-lebih-semangat/ )

 

2. Tetapkan hati jangan pikirkan pendapat orang lain

Hal yang paling penting agar bergerak menjauh dari zona kenyamanan Anda adalah untuk menyingkirkan hambatan Anda. Jangan terus-menerus khawatir tentang penilaian orang lain terhadap Anda atau apa yang akan mereka pikirkan tentang Anda. Dengan kata lain, jangan khawatir Anda akan dipermalukan. Ini akan membantu Anda hidup bebas tanpa melibatkan persepsi orang lain tentang Anda.

 

3. Hadapi dan cari dukungan

Semua orang pasti memiliki beberapa ketakutan saat harus memutuskan keluar dari zona nyaman. Rasa takut sering terbukti menjadi penghalang besar bagi pertumbuhan diri Anda sendiri. Caranya, hadiplah ketakutan ini dengan tenang, bukan malah lari dari kenyataan. Tak hanya dapat membantu Anda keluar dari zona kenyamanan saja tetapi bahkan dapat meyakinkan kata hati Anda. Satu hal lagi yang penting yaitu meminta dukungan dari teman-teman karena mereka pasti akan memberikan motivasi yang diperlukan.

 

4. Berekperimen cari pengalaman baru

Salah satu cara termudah dan paling efektif untuk keluar dari zona kenyamanan Anda adalah dengan cara mencoba melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Ini bisa menjadi sesuatu yang mendasar seperti mencoba hobi baru. Bergabung dengan kelas bahasa asing, mencoba karaoke, atau hanya pergi nonton bioskop sendiri. Titik dari latihan ini adalah untuk membiasakan diri terlibat dalam situasi yang belum pernah dihadapi sebelumnya.

 

(Baca juga : https://asatu.id/2017/10/09/5-cara-jitu-sambut-hari-senin-penuh-semangat/ )

 

5. Pilih lingkungan yang mendukung

Dikelilingi oleh orang yang mendukung dan mengerti visi misi Anda adalah hal yang penting. Manusia yang butuh dukungan orang lain, untuk merefleksikan diri anda sendiri. Maka itu, penting untuk memilih orang yang berada di lingkungan Anda.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *