PPK Harus Didukung Semua Pihak

SEMARANG (asatu.id) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang menilai Program Pendidikan Karakter (PPK) yang digagas Kemendikbud harus didukung penuh agar perkembangan anak didik di Indonesia dan Semarang, khususnya berkualitas.

Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi D DPRD Kota Semarang Anang Budi Utomo di Balaikota Semarang, Rabu (25/10).

Menurutnya, dengan adanya PPK tersebut, akan membuat benteng yang kuat bagi siswa siswi agar tidak mudah terpengaruh muatan negatif dari perkembangan era digital saat ini.

“Hal ini mengingat era digitalisasi membuat cara berfikir anak lebih mudah dipengaruhi oleh budaya-budaya yang jauh dari leluhur bangsa. Sehingga melalui program pendidikan karakter ini siswa siswi mendapat benteng yang kuat dan tangguh di tengah gempuran era digitalisasi,” ujarnya.

Pihaknya berharap, tujuh sekolah dasar di Semarang yang menjadi pilot project program PPK ini bisa berkembang dan didukung penuh semua pihak.

“Karena era sekarang luar biasa, maindset (cara berfikir) anak sekarang sudah berbeda. Tantangan era saat ini lebih berat banyak cara mengubah atau mempengaruhi seseorang melalui digitalisasi. Melalui program pendidikan karakter ini anak kita mendapat benteng yang kuat dan kokoh,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin mengatakan, nantinya ada 68 sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah yang akan menjadi sekolah unggulan PPK di tahun 2017. Dia menguraikan, 68 sekolah tersebut dari 48 untuk SD dan 11 MI.

“Program ini juga menyertakan kegiatan co-kulikuler dan ekstra-kulikuler, di samping materi akademik. Saat ini ada tujuh sekolah dasar negeri di Kecamatan Pedurungan yang menjadi proyek percontohan program penguatan Pendidikan karakter (PPK) selama dua minggu,” tukasnya. (is)

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *