Ini Jam Idealnya Mulai Bekerja, Terlalu Pagi Bisa Picu Depresi!

ilustrasi meja kerja

ilustrasi meja kerja

SEMARANG (asatu.id) – Kebiasaan bangun pagi lalu mengerjakan berbagai pekerjaan rumah pasti dialami berbeda oleh setiap orang. Ya, setiap pagi kegiatan rutin yang Anda lakukan hingga memulai pekerjaan ternyata dianggap memiliki pengaruh untuk kesehatan mental.

Permasalahan ini masih dianggap cukup kontroversial namun beberapa penelitan mengungkapkan bahwa memulai pekerjaan terlalu pagi ternyata berdampak buruk dan picu depresi

Benarkah?Beberapa ilmuwan memastikan bahwa bekerja lebih pagi disebut berpotensi meninggalkan stras dan depresi terlebih aktivitasnya memiliki rentang waktu yang lama seperti sore hingga malam hari.

Dilansir dari India Times, pekerjaan yang di mulai selepas bangun tidur disarankan untuk ditinggalkan. Hal ini dibuktikan oleh para ilmuwan dari Universitas Oxford dengan penelitiannya yang menunjukkan bahwa bekerja di bawah pukul 10 pagi lebih rentan membuat depresi.

Bekerja terlalu pagi di depan komputer rentan menyebabkan kelelahan fisik maupun psikis. Salah satu ilmuwan bernama Paul Kelly memaparkan penelitiannya di banyak perusahaan yang meminta para karyawan memulai bekerja di bawah jam 10 pagi. Hasilnya,ia menemukan pekerja yang memiliki tingkat risiko stres dan depresi yang tinggi.

Menurutnya, seperti jam biologis, tubuh sudah memiliki keteraturan dan jam internalnya sendiri sehingga jika dipaksa bekerja terlalu pagi justru mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Bahkan ilmuwan ini juga menyarankan jika ada perubahan jam kerja yang terjadi di masyarakat. Lewat penelitian yang ia lakukan, memulai jam kerja selepas jam 10 pagi disebut akan lebih produktif dan masimal dibandingkan jika bekerja di bawah jam 10 pagi.

Ilmuwan ini juga melakukan penelitian di salah satu SMA di Monkseaton Inggris dan menemukan bahwa siswa yang belajar jam 10 pagi mengalami peningkatan 19 persen dalam hal produktivitas.

Hingga hari ini, hal ini masih menjadi perdebatan banyak orang karena dianggap belum banyak bukti dan jurnal kesehatan yang ikut mendukungnya.

Nah, kira-kira setelah membaca artikel yang telah dihimpun oleh asatu.id ini, apakah Anda akan memutuskan untuk memulai jam ideal bekerja sejak?Memilih untuk memulainya lebih pagi atau tepat jam 10 pagi?

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *