Awas! 4 Kebiasaan Usai Makan Ini Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

ilustrasi merokok

ilustrasi merokok

SEMARANG (asatu.id) – Setelah menikmati makan siang dan beristrihat Anda wajib memperhatikan beberapa aktivitas ini. Pasalnya, usai makan biasanya rasa ngantuk mulai menyerang dan godaan untuk bermalas-malasan pun datang.

Banyak yang tak mengetahui dan justru melakukan beberapa aktivitas umum ini padahal ternyata membahayakan. Simak 4 hal yang wajib Anda stop kebiasaannya setelah makan yang telah dirangkum oleh asatu.id

  1. Duduk dalam jangka waktu lama

Walaupun terdengar sepele ternyata banyak yang melakukan kebiasaan ini. Duduk terlalu lama ternyata tak baik bagi kesehatan terutama pada bagian perut. Ya, perut Anda akan mudah sekali membuncit karena pencernaan terganggu. Maka,perhatian usai makan Anda jangan terlalu lama duduk usahakan bergerak. Apabila pekerjaan Anda di belakang meja maka upayakan setiap 10 menit untuk berjalan atau bergerak.

  1. Merokok

Tak hanya berdampak bagi kesehatan organ paru tetapi ternyata juga membawa dampak yang mengerikan apabila usai makan Anda merokok. Penelitian menyebutkan bahwa merokok satu batang setelah makan itu resikonya sama seperti merokok sepuluh batang rokok pada saat kita tidak selesai makan. Maka stop kebiasaan Anda merokok usai melakukan aktivitas makan.

  1. Minum teh

Banyak yang memiliki kebiasaan untuk memilih minum teh usai menyantap makan siang. Ternyata hal ini juga merupakan kebiasaan yang jamak dilakukan tetapi berakibat buruk terhadap kesehatan sistem pencernaan. Pasalnya, teh memiliki kandungan asam yang sangat tinggi yang membuat tubuh sulit akan mencernanya.

Sebaiknya Anda meminum air putih saja usai menyantap makanan. Apabila masih ingin menikmati teh maka berilah jeda waktu sekitar satu jam baru dapat meminumnya.

  1. Melepaskan ikat pinggang

Membesarnya ukuran perut setelah makan merupakan hal yang wajar dan seringkali membuat anda merasa begah. Tidak heran jika banyak orang yang seringkali melepaskan ikat pinggang atau bahkan sekedar mengendurkan.

Hal ini juga ternyata bisa mengganggu kerja sistem pencernaan terutama organ usus yang disebut akan mudah terbelit.

Tak disangka, ya, ternyata kebiasaan yang sering dan jamak dilakukan berdampak buruk bagi kesehatan. Maka perhatikan dan stop kebiasaan ini dari sekarang. (Anin)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *