Sering Ngos-ngosan Saat Naik Tangga?Coba Lakukan Kebiasaan Ini

ilustrasi naik tangga

ilustrasi naik tangga

SEMARANG (asatu.id) – Bagi Anda yang merasa heran karena sering ngos-ngosan saat naik tangga maka wajib membaca artikel ini. Hal ini umum terjadi dan bukan karena Anda tidak fit kok. Pasalnya, naik tangga memang akan membuat  seperti kehabisan napas.

Dilansir dari salah satu artikel kesehatan, pakar kardiologis bernama Jenifer Haythe, M.D mengungkapkan bahwa walaupun memiliki tubuh yang fit tetap saja Anda akan merasa kehabisan nafas setelah menaiki tangga.

Hal ini disebabkan karena aktvitas menaiki tangga merupakan aktivitas yang berat dan menggunakan banyak otot tubuh. Sementara tubuh juga membutuhkan asupan oksigen yang lebih banyak sehingga membuat Anda seperti kehabisan bernapas.

Namun tak perlu cemas karena ternyata Anda bisa melatih dan melakukan beberapa cara ini agar tak lagi ngos-ngosan saat naik tangga.

Berikut kebiasaan yang dihimpun asatu.id agar tetap bisa bernafas nyaman saat naik tangga :

  1. Pemanasan dulu

Biasanya karena naik tangga dianggap bukan olahraga hanya aktivitas biasanya maka banyak yang tak melakukan pemanasan. Padahal melakukan pemanasan ternyata penting karena naik tangga sudah masuk dalam aktivitas kardio yang menaikkan detak jantung. Lalu aktivitas ini juga butuh memperhatikan pengaturan napas. Pemanasan kecil perlu dilakukan seperti peregangan pada bagian kaki.

  1. Naik perlahan

Lebih baik jika hendak naik tangga maka Anda melakukan aktivitas ini dengan santai dan kecepatan yang teratur.Agar tidak terjadi lonjakan detak jantung saat naik tangga lalu cobalah mulai mengatur napas. Hal ini perlu Anda lakukan agar kebutuhan tubuh akan oksigen tetap seimbang sehingga tidak lagi ngos-ngosan.

  1. Latih setiap hari

Apakah Anda temasuk yang jarang melakukan aktivitas ini dan memilih untuk naik lift atau eskalator?Nah, karena ini bukan menjadi kebiasaan yang Anda lakukan maka tak heran jika Anda pun mudah kehabisan napas. Untuk mengatasinya maka Anda dapat melatih dengan melakukannya setiap hari dan lihat perubahan karena tubuh ternyata dapat menyesuaikan diri. Ya, Anda tak akan lagi ngos-ngosan saat harus naik tangga karena sudah melatih dan mengajak tubuh untuk melakukan aktivitas kardio dengan naik tangga.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *