Pilgub Jateng, Komisi A Pantau Jumlah Pemilih Potensial

KENDAL (asatu.id) – Masalah pemilih potensial menjadi fokus perhatian Komisi A DPRD Jateng menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) Jateng 2018. Selama ini data pemilih potensial sangat fluktuatif, sehingga Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta memiliki data terbaru agar mereka bisa ikut berpartisipasi dalam Pilgub Jateng nanti.

Sorotan ini tersingkap pada pertemuan Komisi A dengan KPU Kabupaten Kendal, Rabu (18/10). Rombongan Komisi A yang dipimpin ketuanya, Masruhan Samsuri diterima Ketua KPU Wahidin Said.

Masruhan menjelaskan, kedatangan wakil rakyat Jateng di Kendal merupakan bagian dari pemantauan persiapan pelaksanaan Pilgub Jateng 2018. Dari hasil roadshow di sejumlah kabupaten/kota, diakuinya masalah pemilih potensial menjadi fokus perhatian DPRD.

”KPU jangan mengabaikan data pemilih potensial. Data pemilih terbaru harus dimiliki KPU. Data jangan fluktuatif, sehingga pemilih potensial bisa ikuti memilih pada Pilgub Jateng 2018,” ujar Masruhan.

Politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menegaskan jika pemilih potensial tidak masuk dalam  Daftar Pemilih Tetap (DPT), hal ini bisa menjadi bumerang bagi KPU. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan bersama, dia meminta KPU untuk terus berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan. Termasuk dengan Dinas Pendidikan, untuk mendapatkan data pelajar SMA/SMK/MA yang usianya sudah masuk wajib pilih.

Sementara itu, Wahidin Said menjelaskan ada tiga instansi pemerintah yang menjadi mitra kerjanya. Pertama, Dinas Kependudukan, Dinas Tenaga Kerja, dan Dinas Pendidikan. Hanya saja, dari ketiga instansi ini terkadang ada selisih jumlah penduduk.

“Contoh untuk pendataan tenaga kerja Indonesia (TKI). Ada beberapa kecamatan di Kendal yang menjadi kantong TKI. Ternyata datanya berbeda. Sekarang ini kami sedang melakukan sinkronisasi data agar persentase data yang selisih tidak begitu besar,” paparnya.

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *