Presiden Usul Undip Buka Prodi Ekonomi Digital

SEMARANG (asatu.id) – Perguruan tinggi dituntut menjadi motor inovasi melalui program studi spesifik yang mampu menjawab beragam kebutuhan saat ini. Dengan program studi (prodi) spesifik diharapkan mampu menjawab kemajuan teknologi yang kian pesat, termasuk bidang pendidikan.

“Salah satunya, membuka program studi ekonomi digital,” kata Presiden RI Ir Joko Widodo saat menghadiri sidang terbuka sekaligus pidato ilmiah pada puncak perayaan Dies Natalis ke-60 Universitas Diponegoro (Undip) di Stadion Undip Tembalang, Selasa (17/10).

Acara “Menuju Undip Sebagai 500 Besar Rangking Dunia”, antara lain Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI M Nasir, Menteri Dalam Negeri RI Tjahyo Kumolo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, serta Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti.

Jokowi, panggilan akrab Presiden Joko Widodo,  meminta masyarakat harus dapat menghadapi perubahan dunia yang dinamis, perkembangan teknologi sangat cepat, lalu lintas informasi dan ilmu pengetahuan yang juga berjalan cepat.

“Siapa yang bisa mengantisipasi dengan cepat, tidak ada yang lain kecuali universitas. Salah satu caranya menyiapkan fakultas-fakultas yang mungkin akan sangat kita perlukan di masa-masa yang akan datang,” ujarnya.

Mantan Gubernur DKI dan Walikota Solo ini mengusulkan, Undip juga membuka fakultas ekonomi digital dengan jurusan antara lain, jurusan toko online, aplikasi sistem, financial teknologi, atau jurusan meme. Jurusan itu perlu disiapkan untuk mengantisipasi era digital, di mana semua dituntut berubah mengikuti kemajuan teknologi.

Sementara itu, Rektor Undip Prof Yos Johan Utama mengatakan, masa mendatang tantangan tentu akan semakin besar dan sulit. Tapi dengan landasan Pancasila dan ketakwaan kepada Allah SWT, semangat juang segenap ciitivitas Undip, perguruan tinggi yang berdiri sejak tahun 1957 tersebut siap berkontribusi dalam memajukan bangsa.

Selama 60 tahun, menurut rektor, Undip telah banyak berkarya dan mampu mencetak pakar-pakar terkemuka di Indonesia. Di sisi lain, Undip juga mampu menorehkan berbagai prestasi, baik di bidang riset maupun pengabdian masyarakat.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *