UPTD dan Cabang Dinas di Pemprov Jateng Ditata Ulang

SEMARANG (asatu.id) – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dan cabang dinas di jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam waktu dekat ini akan ditata ulang. Penataan ini untuk menindak lanjuti  terbitnya Permendagri Nomor 12 Tahun 2017 tentang pedoman pembentukan dan klasifikasi cabang dinas dan UPTD sebagai tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016.

Sekda Jawa Tengah Dr Ir Sri Puryono KS MP mengatakan penataan ulang UPTD dan cabang dinas ini akan dilakukan Pemprov Jateng bersama tim dari Kementerian Dalam Negeri.

“Adanya penataan ulang ini dimungkinkan terjadi penghapusan, penggabungan atau perubahan nomenklatur UPTD di Pemprov Jawa Tengah. Sehingga, bisa mendukung kelancaran tugas-tugas badan maupun dinas induknya secara efisien dan efektif,” saat membuka Pembahasan Kajian Penataan UPTD dan Cabang Dinas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan Tim Kemendagri di Hotel Sala View Surakarta, Kamis (12/10).

Menurut dia, pembahasan bersama tim Kemendagri nantinya akan melibatkan para pimpinan perangkat daerah. Mereka diminta memaparkan data dan fakta-fakta secara riil tentang pelaksanaan tugas dan fungsi setiap UPTD di bawahnya.

Dari paparan ini, lanjur dia, Kemendagri dapat memberikan rekomendasi dengan mempertimbangkan kesesuaian terhadap kelembagaan UPTD yang sudah ada ataupun yang batu dibentuk.

Sekda berharap dalam pembahasan tersebut ada kesepahaman antara tim Kemendagri dengan perangkat daerah Provinsi Jawa Tengah, dengan tetap memedomani indikator-indikator kelembagaan yang ada. Adanya garis kebijakan ini ,diharapkan juga pelaksanaan tugas dan fungsi perangkat daerah dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dapat ditingkatkan.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *