Sering Pusing, Ini 5 Cara Atasi Sakit Kepala Tanpa Obat

ilustrasi saat terserang sakit kepala

ilustrasi saat terserang sakit kepala

SEMARANG (asatu.id) – Sakit kepala adalah penyakit umum yang biasa terjadi pada setiap orang. Tidak hanya usia dewasa saja tetapi anak-anak pun dapat mengalaminya. Umumnya, saat pusing menyerang banyak yang memilih meminum obat untuk menghilangkan rasa sakit. Padahal sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilankan rasa sakit tanpa harus meminum obat.

Bagi Anda yang saat ini sedang terserang sakit kepala, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan sakit kepala tanpa menggunakan obat, begini caranya :

  1. Minum air putih

Salah satu penyebab sakit kepala adalah karena dehidrasi  atau kekurangan cairan pada tubuh. Sehingga solusinya adalah minum air putih karena air merupakan komponen asupan yang sangat diperlukan oleh tubuh. Rutin minum air putih 8 gelas hingga 10 gelas per hari dapat meminimalisir serangan sakit kepala.

  1. Konsumsi kentang bakar

Tak hanya karena dehidrasi, rupanya sakit kepala juga dapat disebabkan oleh hilangnya elektrolit seperti kalium. Untuk mengatasinya mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium seperti kentang jadi solusi jitu. Namun hindari memakan kentang yang digoreng melainkan kentang harus dimasak dengan cara dibakar dengan kulitnya.

  1. Pilih buah

Buah pisang mempunyai banyak manfaat. Selain kaya akan potasium ternyata pisang juga memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu meredakan migrain. Jika sakit kepala menyerang, Anda dapat memakan buah pisang untuk mengurangi rasa sakit pada kepala.

  1. Es Batu

Tahukah Anda, ternyata es batu juga dapat menjadi solusi untuk mengurangi rasa sakit pada kepala. Caranya pun terhitung sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengosok-gosokan atau mengkompreskan es batu secara perlahan pada daerah kepala anda yang terasa sakit. Es batu akan menyebabkan mati rasa pada daerah kepala yang terasa sakit sehingga akan mengurangi rasa sakit kepala.

  1. Peregangan dan Yoga

Peregangan seperti pada gerakan pemanasan pada senam ternyata juga ampuh untuk mengobati sakit kepala.Rupanya,sakit kepala juga dapat disebabkan oleh otot-otot yang tegang, jadi jika anda sakit kepala, cobalah untuk melakukan gerakan-gerakan senam, atau bisa juga dengan melakukan yoga. (Anin)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *