Bahaya! Tidur Dengan Kipas Angin di Malam Hari, Ini Akibatnya

ilustrasi tidur dengan kipas angin

ilustrasi tidur dengan kipas angin

SEMARANG (asatu.id) – Apakah Anda salah satu orang yang selalu menggunakan kipas angin di malam hari agar tidur lebih nyenyak?Stop kebiasaan ini karena ternyata Anda akan mengalami beberapa risiko.

Kipas angin memang berperan untuk membuat rasa sejuk hingga pemakai terasa nyaman saat tidur. Tetapi nyatanya ada banyak efek negatif yang dapat diakibatkan oleh kipas angin.

Berikut penjelasan bahaya menyalakan kipas angina saat tidur malam hari yang telah dirangkum oleh asatu.id

  1. Hati-hati penyakit belly palsy

Penyakit belly palsy menyebabkan kelumpuhan di wajah Anda. Penyakit ini muncul akibat muka yang kerap terserang hawa dingin, satu diantaranya yang disebabkan oleh penggunaaan kipas angina yang terus menerus dan dalam waktu lama.

  1. Infeksi saluran pernapasan

Kipas angin hanya berfungsi hanya untuk menurunkan suhu tubuh bukan suhu ruangan. Tidak terjadi proses penyaringan yang dilakukan. Oleh karena itu udara yang ada di sekitar ruangan akan di hembuskan ke tubuh anda.

Perlu diketahui, bahwa ada potensi udara yang mengandung bakteri, kuman, dan bahkan virus yang terhirup oleh hidung. Bahaya kipas angin ini dapat menyebabkan terjadinya infeksi di dalam saluran pernapasan, seperti asma.

  1. Otot kaku serta nyeri

Penggunaaan kipas angin dalam jangka waktu yang lama juga mengakibatkan produksi cairan lubrikasi menurun. Cairan ini berfungsi untuk memperkuat otot serta persendian. Jadi tak heran bila Anda merasa otot kaku dan nyeri penyebabnya bisa berasal dari kipas angin.

  1. Rawan penyakit

Kondisi tubuh yang gampang sakit adalah efek dari metabolisme tubuh yang tidak berjalan dengan baik. Dampak ini di rasakan jika kita tidak berhasil mengeluarkan keringat dalam tubuh yang membuat sel-sel imun lebih aktif. Oleh karena itu melambatnya aktivitas sel-isel mun, akan membuat tubuh kita mudah sekali terserang penyakit. Apalagi jika saat kita tidur kita mengirup udara yang mengandung virus penyakit, tentu potensi kita menderita sakit akan semakin besar.

  1. Risiko Kematian

Kemungkinan terburuk yaitu risiko kematian bisa saja ditimbulkan akibat tidur menggunakan kipas angin dalam ruangan tertutup ditambah dengan ventilasi udara yang buruk menyebabkan tak ada pertukaran udara.  (Anin)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *