Ini Dia Manfaat Aplikasi Smart City

SEMARANG (asatu.id) – Konsep aplikasi Smart City yang tengah dikembangkan untuk Kota Semarang saat ini bertujuan besar untuk memberdayakan masyarakat serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal tersebut seperti yang dijelaskan Rustika Herlambang selaku Director of Communication Indonesia Indicator usai memberikan demo Smart City, didepan para Kepala Diskominfo se-Jawa Tengah di gedung Pemprov Jateng, belum lama ini.

Wanita yang kerap dipanggil Tika tersebut memaparkan, aplikasi Smart City bukan hanya dapat digunakan pemerintah untuk memberi informasi, namun juga dapat digunakan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah.

“Dalam aplikasi Smart City, kita dapat memperoleh informasi apa saja, contohnya lowongan pekerjaan, rumah sakit, kantor polisi, rumah makan, serta masyarakat dapat menjual barang melalui aplikasi tersebut. Bahkan aplikasi smart city juga bisa menjadi penyerapan aspirasi masyarakat kepada pemerintah,” ujar Tika.

Tika menambahkan, dengan adanya informasi yang berkaitan dengan lowongan pekerjaan tersebut masyarakat tidak perlu berlarian dengan membawa lamaran pekerjaan, karena dengan aplikasi Smart City masyarakat dapat langsung mengetahui perusahaan yang sedang membutuhkan pekerja.

Smart City dapat juga menjadi solusi agar perekonomian disebuah daerah bisa bergerak lebih cepat, sistem aplikasi ini bisa membantu kota atau kabupaten untuk berkembang. Sesuai visi misinya untuk  memberdayakan masyarakat dan meningkatkan perekonomian masyarakat, dengan kata lain one for all, all for one.

“Untuk kota yang sudah launching Smart City ini adalah Klaten, dan launchingnya pun juga baru kemarin waktu lebaran,” tambahnya. (dhino)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *