Atikoh Sabet Pembina Teladan Dekranas Award Lagi

SEMARANG (asatu.id) – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Tengah Hj Atikoh Ganjar Pranowo kembali dinobatkan sebagai Pembina Teladan pada Dekranas Award 2017. Penghargaan yang kali kedua diterima itu diserahkan oleh ibu negara Hj Iriana Joko Widodo kepada Atikoh pada Pembukaan Pameran Kerajinan Nusantara di Jakarta Convention Center, Rabu (27/9).

Dekranas Award Pembina Teladan diberikan kepada Dekranasda Provinsi yang berkoordinasi dengan Dekranasda Kabupaten/Kota dalam keberhasilannya membina perajin yang dapat menghasilkan produk kerajinan unggulan daerah.

Produk unggulan daerah ini bisa mengacu pada seni tradisi, budaya lokal dan dapat menjadi representasi dari daerah tersebut. Proses penjurian dilakukan pada 7 September lalu, di Kantor Dekranasda Rumah Kriya Asri, Cilandak Timur, Jakarta Selatan.

Ketua Dekranasda Jateng Atikoh mengatakan penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dan sinergi yang sangat baik dari Dekranasda Provinsi maupun Dekranasda Kabupaten/Kota dalam membina kriya di Jawa Tengah. Keberhasilan ini juga tidak lepas dari dukungan pemerintah daerah.

Kendati demikian, menurut Atikoh, masih ada sejumlah tantangan dan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Antara lain, kaderisasi perajin dan pewirausaha muda, mendorong desain dan inovasi produk yang ramah lingkungan, digitalisasi pemasaran di mana selain konvensional perajin juga diarahkan untuk memanfaatkan e-commerce.

“Untuk kaderisasi, kami terus menarik minat generasi muda, bahkan mulai dari PAUD, untuk menggeluti kerajinan melalui pengenalan maupun berbagai pelatihan. Sebab berbeda dengan pekerjaan lainnya, menggeluti kriya ini dibutuhkan passion. Jadi tak sekadar bisa,” tandasnya.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *