Hendi Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Saluran Air

SEMARANG (asatu.id) – Program menabur benih ikan di saluran-saluran air kampung diharapkan mampu memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk bisa menjaga ekosistem dan kebersihan saluran di kampung masing-masing.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, gerakan menabur ikan di saluran air akan dilakukan di 16 Kecamatan Kota Semarang.

“Targetnya nanti setiap kecamatan ada satu titik untuk gerakan tabor ikan ini,” ujar wali kota yang akrab disapa Hendi ini seusai menabur ikan di Jalan Irigasi Utara Kauman Mangkang Kulon, Tugu, Senin (25/9).

Pihaknya menjelaskan, dalam menjaga ekosistem dan kebersihan tidak hanya tugas dari pemerintah kota saja, melainkan, masyarakat juga harus ikut berperan aktif dalam menciptakan dan menjaga kebersihan lingkungannya.

Hendi meminta, setelah dilakukan penaburan 20 ribu benih ikan tersebut, masyrakat bisa secara aktif merawat dan tidak melakukan tindakan yang akan mengotori saluran tersebut.

“Setelah ini harapannya tidak ada yang membuang sampah sembarangan di saluran,” imbunya.

Sementara itu, Camat Tugu, Yenuarso menyebutkan, pihaknya membentuk Kelompok Swadaya masyarakat (KSM) Banyu Resik Barokah untuk menjaga kebersihan saluran air yang dimanfaatkan tersebut.

“Sebagai daya tarik, nanti kita akan menambah pemasanagan lampu hias agar tambah menarik lagi,” tukasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *