Kadin Semarang Gelar FGD Digitalisasi Ekonomi

SEMARANG (asatu.id) – Kadin Kota Semarang mengadakan Forum Group Diskusi (FGD) bertemakan ‘Dampak Ekonomi Digital di Era Global’ menjadi sebuah topik perbincangan hangat dan menarik. Kegiatan ini dilatari dampak perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat banyaknya perubahan di semua lini kehidupan.

Tak terkecuali dalam dunia usaha, kemudahan serta kecepatan informasi yang ditawarkan perkembangan zaman saat ini seperti hadirnya internet menjadikan munculnya pangsa pasar modern baru dengan sistem yang lebih maju.

Berlangsung di Gedung Moh Ichsan Lt.8 Pemerintah Kota Semarang, Selasa (19/9), FGD dihadiri sejumlah peserta dari Pelajar SMA/SMK, pelaku usaha dan pengguna jasa online.

Sebagai nara sumber, hadir Ditreskrimsus Polda Jateng Iptu Endro Prabowo, S.Kom yang memaparkan tentang berbagai kasus yang terjadi di dunia Maya dengan berbagai macam modus yang terjadi belakangan ini.

Selain itu juga turut hadir Dr. Pulung Nurtantio Andono, ST, M.Kom sebagai narasumber di bidang pengembangan IT yang menjelaskan tentang perkembangan ekonomi digital. Serta Manajer Grab Jateng Nawa Pamungkas yang menjelaskan berbagai inovasi bisnis online.

Ketua Kadin Kota Semarang Arnaz Agung Andrar Asmara mengatakan perkembangan dan perubahan era menuju digitalisasi ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi.

“Kita tidak bisa memungkiri perkembangan teknologi. Yang menjadi permasalahan di era digital saat ini sesuatu itu menjadi positif atau negatif. Sehingga, di acara FGD ini kita mencoba menelaah dengan berdiskusi bagaimana kita memanfaatkan digitalisasi,” ujarnya.

Sementara itu, Ditreskrimsus Polda Jateng Iptu Endro Prabowo menambahkan, bahwa berkembangnya digital ekonomi membuat bertambahnya e-commerce. Sehingga tidak menutup kemungkinan akan bertambahnya jenis tindak kriminal penipuan.

“Saat ini ada 68 kasus penipuan. 43 diantaranya penipuan menggunakan SMS, seperti mendapatkan hadiah, penawaran barang murah. Kalau dipresetasikan sekitar 75 persen adanya penipuan,” tukasnya.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *