Hendi akan Terus Kembangkan ATCS

Hendi akan Terus Kembangkan ATCSSEMARANG (asatu.id) – Selain sebagai pemantau di sejumlah persimpangan traffic light di Kota Semarang, sistem ATCS (Area Traffic Control System) yang dilengkapi CCTV diharapkan bisa dikembangkan ke arah perubahan positif. Misalnya dengan pemberlakukan sanksi tilang untuk pelanggar.

Tak hanya itu, ATCS juga bisa dimanfaatkan membantu petugas untuk keperluan tilang, melalui bukti rekaman CCTV. Tak hanya itu, juga bisa membantu dalam pengusutan suatu kejadian, seperti tabrakan, tawuran yang terekam di sistem ATCS.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menerangkan, ATCS dimaksudkan untuk mengajarkan disiplin berlalu lintas kepada masyarakat karena berdasarkan pengamatan melalui Area Traffic Control System (ATCS) yang telah dipasang di 26 titik dari total 56 persimpangan yang berlampu lalu lintas di Kota Semarang.

“Semua sistem dan aplikasi yang ada dibuat untuk solusi dari setiap permasalahan. Misal, sistem ATCS yang dilengkapi CCTV, terhubung dengan ruang kontrol. Gunanya untuk melakukan tindakan preventif dan promotif dalam mencegah kecelakaan lalu lintas dengan meningkatkan kesadaraan berlalu lintas” tegas wali kota yang akrab disapa Hendi ini, Selasa (12/9).

Pihaknya menambahkan, dalam beberapa kali rekaman ATCS menjadi barang bukti untuk penyelidikan pihak kepolisian.

“Apakah keterangan dari pelaku sama dengan yang terekam dalam CCTV. Ke depan, sistem ini akan terus kami kembangkan,” tukasnya.

Rencananya, Pemerintah Kota Semarang akan melakukan penambahan 11 ATCS (Area Traffic Control System) yang ditarget terpasang pada November mendatang.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *