Ayo Ikuti Lomba Batik Semarangan 

SEMARANG (asatu.id) – Sebagai langkah mengangkat pamor batik di Kota Semarang, Pemerintah Kota Semarang akan menyelenggarakan lomba desain batik Semarangan. Rencananya, lomba akan diselenggarakan pada 11- 20 September 2017.

“Lomba terbuka bagi seluruh masyarakat Kota Semarang, dari kalangan pelajar, mahasiswa, praktisi dan masyarakat boleh mengikuti. Untuk identitasnya bisa ditunjukan dengan foto copy KTP / kartu pelajar dengan menyertakan nomor ponsel,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang, Litani Satyawati, Minggu (10/9).

Litani menerangkan, adapun desain motif batik yang dibuat peserta bisa secara manual (gambar tangan) atau menggunakan aplikasi pengolah grafis komputer (CorelDraw,Photoshop, dan Ai).

Dalam perlombaan, tiap peserta dapat mengirimkan lebih dari satu karya, desain motif.

Lebih lanjut, terkait desain yang diikutsertakan dalam lomba harus menggambarkan potensi alam, budaya atau sesuatu yang menunjukkan  karakteristik khas Kota Semarang yang nantinya bisa diaplikasikan pada batik cap atau tulis.

“Desain yang dikirimkan harus orisinil hasil karya asli peserta, bukan tiruan dan belum pernah dipublikasikan atau dilombakan. peserta juga harus melampirkan penjelasan singkat mengenai konsep, filosofi atau makna dari desain motif tersebut termasuk filosofi pemilihan warnanya,” imbuhnya.

Karya yang dikirimkan, Litani menambahkan, berupa digital print out ukuran A3 bewarna atau hitam putih atau manual gambar asli ukuran A3 media bebas bewarna atau hitam putih.

Karya tersebut bisa dikirimkan langsung ke Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang Jl.Pemuda No. 175 (Gedung Pandanaran lantai 7) Semarang.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *