Sebuah Kehangatan Dalam Secangkir Kopi ITEM

Caption: Kehangatan suasana di ITEM Kopi Company, Jl. Senjoyo 2 No 54, Bugangan, Semarang Timur

SEMARANG (asatu.id) – Kopi dalam perjalanannya menjadi hal yang begitu menarik untuk diulas. Dimana dalam beberapa tahun terakhir ini, dunia Kopi sedang menjadi masif dalam menunjukkan keramahannya. Banyak kopi yang mulai disajikan, dari minuman yang bernama capuccino, hingga minuman kedaerahan yang terkenal seperti Kopi vietnam, atau yang asli dari Indonesia ada Kopi yang digunakan untuk kegiatan Lelet Rokok. Tak terkecuali kota Semarang, dimana Ibu Kota Provinsi dari Jawa Tengah ini pun memberikan tempat dan ruang dimana dunia kopi menunjukan keramahannya. Mulai dari Coffee Shop yang memberikan kesan modern, hingga tradisional bisa kita temui di Kota Semarang. Sehingga, para penikmat kopi dari kalangan manapun mampu untuk menikmati secangkir kopi nya ditempat favorit masing – masing.

Namun, ada hal unik yang disajikan didalam dunia kopi mampu memanjakan kita dalam memilah rasa dan keinginan akan mengkonsumsi kopi dengan model tertentu. ITEM Kopi Company, adalah salah satunya. Berkecimpung dalam dunia kopi sejak 5 Tahun yang lalu, mungkin ITEM Kopi Company, sudah mendapatkan tempat dihati masyarakat. Dimana produsen kopi ini, fokus dalam memperkenalkan kopi – kopi single origins yang ada diseluruh wilayah Republik Indonesia, dari sabang hingga merauke.

Dalam penuturannya, Rizky Luqmansyah selaku Co-Founder dari ITEM Kopi Company menyebutkan bahwa “Indonesia ini kaya akan kopi nya, dimana budaya kopi adalah budaya yang tidak sengaja ditinggalkan oleh para penjajah, ketika bangsa kolonial waktu itu sangat melihat peluang yang begitu menggiurkan untuk menanam kopi di seluruh dataran Indonesia karena mampu tahan akan hama kebun dizaman itu”. Menurutnya, penting untuk masyarakat sadari bahwa kopi sesungguhnya sudah sangat dekat dengan kehidupan kita selama ini. Ia pun menambahkan bahwa saat ini, ITEM Kopi Company telah menyediakan dan memperkenalkan 42 macam Single Origins Kopi Indonesia. Dimana Single Origins Kopi tersebut adalah Kopi yang diolah dengan cara lebih baik yang ditanam disetiap daerah yang ada di Indonesia. Yang dimana visi dari ITEM Kopi Company sendiri adalah untuk memperkenalkan Indonesia melalui kopi – kopi nya. Sehingga kita sebagai masyarakat menjadi mau peduli atau bahkan mendapatkan informasi lebih tentang daerah penghasil kopi yang sudah tersedia di ITEM Kopi Company tersebut.

Tidak hanya itu, selain fokus dalam menjadi produsen kopi, ITEM Kopi Company juga telah memiliki tempat seduh sederhana untuk menikmati kopi mereka dengan nama ITEM Spot, yang terletak di Jl. Senjoyo 2 No 54, Bugangan, Semarang Timur. Uniknya, ITEM Spot ini hanya menyediakan jenis minuman Kopi Tubruk dalam menu nya. Jadi, semua kopi yang disediakan disini dinikmati dengan cara Tubruk yang telah menjadi ciri khas masyarakat Indonesia dalam memilih kopi. Hal ini juga dijelaskan oleh Yohana Pitra Edodya selaku Co-Founder dari ITEM Kopi Company bahwa “Kopi Tubruk itu adalah cara meminum kopi yang sudah sangat lama ada di Indonesia, dan seluruh daerah Indonesia sudah sangat mengenal Kopi Tubruk. Dimana faktanya, orang Eropa dan Amerika menggunakan metode Tubruk ini dalam setiap penilaian kopi yang diseleksi. Jadi kita sebagai orang Indonesia seharusnya bangga akan budaya Kopi Tubruk ini”. Selain itu, ketika berkunjung ke ITEM Spot, jangan heran ketika anda seakan “dipaksa” untuk berkenalan dengan customer lain yang juga sedang menikmati kopi disitu.

“Kopi itu memberikan ruang khusus untuk berkenalan, dan membicarakan apapun yang menjadi topik bahasan, biasanya dari isu-isu yang sedang terjadi disekitaran kita, hingga obrolan santai yang menghangatkan” ujar Pitra. Jadi, selain memberikan kehangatan dalam secangkir kopi yang disajikan, ITEM Spot ini juga memberikan kehangatan suasana dalam kunjungan setiap orangnya. Menjadikan kopi sebagai komoditas yang diunggulkan sesungguhnya bukanlah seperti meng-anak tirikan hasil komoditas yang lain yang ada di Indonesia, mereka berpesan bahwa, Kopi adalah budaya yang harus kita semua jaga karena didapatkan dengan cara penjajahan yang penuh akan perjuangan, jadi sudah selayaknya kita sebagai penerus bangsa mampu untuk melestarikan hal – hal yang sudah ditinggalkan untuk mampu menjadi lebih baik lagi sebagai Bangsa maupun Negara.

Jika boleh mengutip dari kata – kata dari Rizky dan Pitra selaku Owner dan Co-Founder dari ITEM Kopi Company, “Jangan takut untuk minum Kopi Indonesia, karena tanah kita adalah tanah yang sangat beragam kandungannya, dan kita bisa menemukan keunikan rasa dan karakter yang sesuai dimana tempat kopi itu ditanam”, layaknya kita sebagai masyarakat sudah seharusnya untuk mau lebih peduli terhadap gerakan – gerakan yang mempersatukan bangsa yang dimana saat ini sedikit yang melakukan itu.

Untuk mengetahui promo – promo yang sedang berlangsung beserta info lebih lanjut, bisa mengunjungi laman online dari ITEM Kopi Company, yaitu :
Facebook Fanpage : ITEM Kopi Company dan ITEM Spot
Instagram : @item.kopicompany
@item.spot
@item.merchandise
Twitter : @itemkopicompany

(Riska Fara)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *