Hebatnya Para Difabel Semarang Saat Ini, Simak Ceritanya

SEMARANG (asatu.id) – Hal yang luar biasa kini mulai dilakukan oleh para difabel yang ada di Kota Semarang.

Melalui Roemah Difabel atau biasa disebut Roemah ‘D’, mereka berkumpul bersama untuk saling berbagi ide, inspirasi, berkreasi, berkarya, dan berbagi pengalaman dari para difabel lain dalam keseharian mereka.

Kegiatan saling mengakrabkan diri dengan sesama difabel, mampu memupuk kebersamaan dalam bersosialisasi.

Mungkin bagi pengunjung yang pertama kali datang ke Roemah ‘D’ akan kesulitan, pasalnya bangunan tersebut belum memiliki papan nama.

Roemah ‘D’ berada di jalan MT Haryono no 266 Semarang.

Sepintas bangunan ini tak menonjol karena terhimpit ruko-ruko di kanan dan kirinya.

Namun, sejak Showroom Roemah ‘D’ sudah banyak karya dan kreasi yang keren dan dipajang, masyarakat sebagian besar telah mengenalnya.

Pengunjung pun bisa langsung melihat produk-produk penuh kreativitas nan unik, yang terpajang rapi.

Seperti beragam tas wanita, pakaian, alat musik tradisional, aneka makanan ringan, bantal lucu, maupun mainan aneka bentuk dari barang bekas elektronik ataupun kartu telpon perdana ponsel bekas.

Tidak hanya itu, di ruang Showroom pun saat ini ada perpustakaan mini, sehingga pengunjung bisa membaca buku-buku inspirasi yang ada disana.

Sejak resmi digunakan pada 18 Maret 2017 lalu, banyak sudah kegiatan yang telah para difabel lakukan di Roemah ‘D’.

Saat ini, jenis pelatihan yang bisa diikuti secara rutin, semakin beragam.

Ada pelatihan Aikido setiap Selasa sore, pelatihan menulis jurnalistik di Jum’at pagi, kemudian pelatihan microsoft office pada Sabtu pagi, dan pelatihan menari tradisional Jawa bagi tunarungu.

Bangunan dua lantai ini, juga bisa digunakan bagi keperluan publik atau umum, seperti acara meeting maupun kegiatan lainnya, bagi masyarakat Semarang.

Harapannya, Roemah ‘D’ bisa difungsikan untuk berbagai kegiatan positif, serta menjadi ikon Kota Semarang yang menginspirasi semua orang. (Anna Okta)

273

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *