Pandean Lamper Kebakaran, ternyata ini adalah

SEMARANG (asatu.id) – Api membumbung tinggi di Jalan Unta Raya No 4 Pandean Lamper, Semarang, Selasa (8/8) siang. Dengan sigap dan gagah berani beberapa personel berlari mendekati kepulan warna merah menyala itu yang lantas menyemprotkan air bertekanan tinggi.

Tak butuh waktu lama, para petugas berpakaian orange itu lantas berhasil memadamkan kepulan api yang terus menyala.

Tenang, itu bukanlah peristiwa kebakaran sebenarnya namun merupakan simulasi pelatihan yang dilakukan di Centre Of Excellence Fire and Safety Academy (FSA).

FSA sendiri merupakan sebuah akademi yang diinisiasi oleh PT Indonesia Power dengan tujuan untuk mengendalikan serta mengurangi resiko bahaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Direktur Utama Indonesia Power Sripeni Inten Cahyani mengatakan, FSA ini merupakan akademi pertama yang ada di Indonesia yang khusus menangani PLTU berbahan bakar batu bara berkalori rendah (low rank coal).

“Dalam pengoperasiannya, PLTU tersebut tak bisa lepas dari resiko dan potensi Kebakaran. Kami berharap mudah-mudahan dengan adanya FSA ini bisa dioptimalkan baik di lingkungan PLN, anak perusahan PLN maupun bisnis swasta.” ujarnya saat ditemui wartawan usai acara peresmian Centre Of Excellence Fire and Safety Academy.

Selain dilakukan di lokasi yang dulunya sebagai pembangkit PLTG Pandean Lamper  ini  aksi simulasi penanganan kebakaran itu  juga disaksikan di berbagai PLTU di berbagai daerah seperti PLTU Surabaya Unit 8, PLTU Labuhan, PLTU Lontar, dan PLTU Pangkalan Susu melalui teleconference.

 

194

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan