Seleksi Calon Kasek, 24 Guru Dites Ke-NU-an

TES – Sebanyak 24 guru dari berbagai lembaga pendidikan di bawah naungan LP Ma’arif NU Kendal, saat mengikuti seleksi calon kepala sekolah (Kasek).

KENDAL (asatu.id) – Seleksi calon kepala sekolah (Kasek) diikuti sebanyak 24 guru dari berbagai lembaga pendidikan di bawah naungan Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kabupaten Kendal, di SMKNU 02 Rowosari. Seleksi terdiri atas tes tertulis dan wawancara, dipandu asesor yang juga Ketua LP Ma’arif NU Kendal, Ibnu Darmawan.
Ketua LP Ma’arif NU Rowosari, Suprayit, Selasa (1/8), mengatakan ada tiga lembaga pendidikan di bawah naungan LP Ma’arif Kendal yang menggelar seleksi calon Kasek tersebut, yakni SMKNU 02 Rowosari, MTs NU Unggulan Jatipurwo, dan MI NU 9 Gebanganom.

“Seleksi diikuti sebanyak 24 guru dengan persyaratan, minimal mengajar lima tahun dan sudah bersertifikat pendidikan. Bisa juga berijazah akta IV,” ujarnya.

Menurut Suprayit, seleksi calon Kasek itu digelar selama tiga hari. Hari pertama berupa tes tertulis, hari kedua tes wawancara, dan hari ketiga wawancara tentang ke-NU -an. Pada seleksi itu, calon Kasek SMKNU 02 Rowosari ada 9 guru, MTs NU 27 Unggulan Jatipurwo ada 9 guru, dan MI NU 9 Gebanganom ada 6 guru. Bagi yang lolos tes akan diserahkan ke sekolah masing-masing, untuk dipilih sebagai Kasek. “Mereka yang telah lolos memiliki hak untuk dipilih sebagai Kasek,” paparnya.
 
Selanjutnya, Suprayit menyatakan jika calon Kasek yang lolos seleksi akan dipilih oleh dewan pembina, dewan pengurus, dan dewan guru. Dirinya yakin, calon yang lolos merupakan kader terbaik yang dapat memimpin sekolah empat tahun ke depan. 
 
Dikatakan, adanya seleksi yang ketat para Kasek di lembaga pendidikan Ma’arif NU, diharapkan mampu mengelola sekolah dengan baik dan dapat bersaing dengan sekolah lainnya.
 
“Dengan seleksi calon Kasek ini, mudah-mudahan bisa mewujudkan Kasek yang benar-benar berkualitas,” ucapnya. (yoga arif)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *