Sekdes Dites Untuk Duduki Jabatan di OPD

TES – Sebanyak 158 Sekretaris Desa (Sekdes) berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Kendal menjalani tes Assessment atau tes kemampuan pegawai.

KENDAL (asatu.id) – Kondisi moratorium PNS yang diterapkan oleh pemerintah, membuat Pemkab Kendal berinisiatif mengambil langkah merekrut Sekretaris Desa (Sekdes) berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN), agar dapat menjadi pegawai di Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Tahapan proses tersebut dilakukan melalui Tes Assessment atau  tes kemampuan bagi 158 Sekdes, di Pendopo Kabupaten setempat, Senin (30/7).

Sekda Kendal, Bambang Dwiono mengatakan seleksi tersebut dilaksanakan lantaran Kabupaten Kendal kekurangan ASN di sejumlah OPD.

Saat ini, jumlah ASN di Kota Beribadat ada 9.400 pegawai, dari jumlah ideal yang semestinya 11 ribu pegawai.

“Jumlah pegawai di Kabupaten Kendal kurang karena adanya moratorium ASN. Sehingga kita manfaatkan Sekdes ASN untuk ditarik ke lingkungan Setda, menempati posisi  Pelayanan dan Administrasi,” ucapnya.

Mereka yang lolos tes akan ditempatkan sesuai kemampuannya karena salah satu ujiannya diantaranya kompetensi diri.

Tes ini penyelenggaranya adalah asesor dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jateng. Ada tiga pertimbangan hasil tes tersebut, yakni Memenuhi Syarat (MS), Masih Memenuhi Syarat (MMS), dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Ada enam potensi yang diukur yakni berorientasi pada pelayanan, interaksi sosial, sistematika, perencanaan, kerjasama, dan fleksibilitas berpikir.

Tes dilakukan dua sesi. Untuk sesi pertama sejumlah 74 peserta, sisanya pada sesi kedua sejumlah 84 peserta. (yoga arif)

160

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan