Pemkot akan Inventarisir Rumah di Kampung Pelangi

SEMARANG (asatu.id) – Dinas Penataan Ruang Kota Semarang akan melakukan inventarisasi rumah-rumah yang ada di Kampung Pelangi untuk dilakukan pen-sertifikatan rumah mereka. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Penataan Ruang Kota Semarang Agus Riyanto di Balaikota, Selasa (1/8).

“Kami telah meminta Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk mengecek sekaligus memastikan kepemilikan lahan di sana. Selain itu juga sudah meminta pendampingan dari aparat kelurahan setempat,” ujarnya

Agus menambahkan, proses sudah dimulai sejak satu bulan yang lalu. Saat ini tengah dilakukan sosialisasi dan pengukuran rumah-rumah warga. Nantinya, bagi warga yang belum bersertifikat akan dibebani bea pengurusan KRK (Keterangan Rencana Kota).

Adapun warga yang ingin memperoleh sertifikat cukup dengan mengurus surat ke Kelurahan sebagai bukti menempati lahan di sana. “Rata-rata rumah yang berada di perbatasan dengan TPU Bergota, belum memiliki sertifikat HM. Tugasnya pak lurah, membuat administrasi penguasaan tanah negara disaksikan RT dan RW setempat,” tukasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *