Gerakan Masyarakat Sehat Harus Dimulai dari Keluarga

GERMAS – Pemkab Kendal saat mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di alun-alun Kabupaten setempat.

KENDAL (asatu.id) – Ajakan untuk mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) telah dicanangkan pemerintah. Pelaksanaan Germas ini harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian, mulai dari proses pembelajaran hingga menuju kemandirian.

“Mari dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat, saat ini juga,” Demikian disampaikan Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur yang merupakan sambutan dari Bupati Kendal, Mirna Annisa.

Dirinya turut mengingatkan ibu-ibu untuk melakukan imunisasi MR (Measles Rubella) bagi anak-anaknya, Agustus dan September ini, yang dilakukan secara massal oleh pemerintah. Imunisasi massal ini sebagai upaya untuk memutuskan penularan virus campak dan Rubella pada anak usia 9 bulan sampai usia kurang dari 15 tahun.

“Mari kita manfaatkan program pemerintah ini, agar anak-anak bebas dari penyakit campak dan Rubella. Silahkan datang ke posyandu, puskesmas dan sarana kesehatan lainnya, serta sekolah-sekolah,” katanya.

Kepala Dinkes Kendal, Sri Mulyani mengatakan Germas bertujuan mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat, yaitu dengan cara melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

“Gerakan ini merupakan gerakan nasional yang dicanangkan oleh pemerintah,” ujarnya. (yoga arif)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *