Melalui UP4, Serap Keluhan dan Aduan Lebih Cepat

LAUNCHING – Pemkab Kendal melaunching Unit Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (UP4), diharapkan menyerap keluhan dan aduan masyarakat lebih cepat dan tepat.

KENDAL (asatu.id) — Pemkab Kendal melaunching Unit Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (UP4), yang diharapkan mampu menyerap keluhan dan aduan masyarakat lebih cepat dan tepat.

Kepala Dinas Diskominfo Kendal, Muryono mengatakan kanal media pengaduan tersebut dapat diakses melalui aplikasi Knok Knok, aplikasi Lapor yang bisa diunduh di telepon pintar melalui playstore ataupun Appstore untuk pengguna Iphone.

Selain itu warga bisa mengadu dengan mengakses suara warga di website kendalkab.go.id, lapor.go.id, facebook di akun Lapor Kendal, Twitter@lapor_kendal dengan menyertakan #lapor_kendal.

Bahkan laporan dan aduan masyarakat juga bisa melalui SMS ke nomor 1708 dengan format : KENDAL (spasi) (isi aduan).

“Bisa juga melalui telpon ke 0294-384008, surat ke PO BOX lapor kendal atau datang langsung di ruang Media Center di Diskominfo Kabupaten Kendal,” ujarnya.

Pembentukan UP4 ini merupakan aplikasi untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi dari pemerintah, sehingga memperoleh pengaduan masyarakat lebih transparan dan akuntabel.

“Artinya melalui UP4 ini, informasi bersifat terbuka, mudah, dan dapat diakses oleh semua pihak yang membutuhkan. Disediakan secara memadai dan mudah dimengerti,” katanya.

Bupati Kendal, Mirna Annisa mengungkapkan UP4 ini salah satu langkah efektif dari pemerintah untuk menyasar langsung kebutuhan masyarakat.

Sehingga OPD-OPD yang ada bisa membuat program kerja yang tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat.

“Saat ada masalah muncul maka OPD yang bersangkutan bisa langsung memantau dan menindaklanjutinya.

Dari aplikasi ini saya juga bisa memantau, mana OPD yang aktif dan tanggap terhadap keluhan, aduan, dan masukan dari masyarakat,” ucapnya. (yoga arif)

158

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan