Melalui Samartphone, Masyarakat Bisa Akses ‘Sakpole’

CAPTION – Kemudahan akses pembayaran pajak kendaraan bermotor terjadi karena saat ini telah ada aplikasi Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online (Sakpole).

SEMARANG (asatu.id) – Wajib Pajak (WP) saat ini akan mendapatkan kemudahan jika ingin melakukan pengurusan pembayaran pajak di Samsat Jateng.

Melalui aplikasi Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online (Sakpole) yang merupakan bagian dari program e-Samsat, pengurusan pajak bisa diakses melalui smartphone.
Sementara untuk mendapatkan aplikasi Sakpole, masyarakat diminta mengunduh melalui Google Play Store yang ada di perangkat smartphone jenis android.
Setelah aplikasi terinstal, WP langsiung bisa membuka dan menjalankan aplikasi tersebut.
Untuk pendaftaran online, yang perlu dilakukan yaitu cukup klik menu pendaftaran online. Selanjutnya WP memasukkan data Nomor Polisi, Nomor Induk Kependudukan, dan lima digit terakhir Nomor Rangka.
Setelah diklik lanjut maka akan ditampilkan data lengkap kendaraan yang akan didaftarkan. Bila data sudah benar maka klik daftar.
Tahap berikutnya akan ditampilkan halaman ketetapan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), dan pengesahan STNK secara online.
Bila WP setuju, maka dapat mengunduh kode bayar dengan cara klik ‘Dapatkan Kode Bayar’. Setelah mendapatkan kode bayar, WP dapat melakukan pembayaran melalui ATM dari berbagai Bank, diantaranya Bank Jateng, BRI, BCA, Mandiri dan BNI.
Terakhir, struk bukti bayar sementara akan berlaku selama 14 hari kerja. Untuk mendapatkan SKPD (notice pajak) asli, WP dapat melakukan pengesahan STNK-nya ke kantor Samsat terdekat.
Bagi WP yang memiliki fasilitas internet banking dan mobile banking, dapat menggunakan menu pembayaran yang tersedia di Sakpole, sehingga WP tidak perlu harus datang ke ATM untuk melakukan pembayaran pajak kendaraannya.
Karena semua itu dapat dengan mudah diakses melalui smartphone yang mereka miliki. (Yoga Arif)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *