Eks Karyawan Koran Sindo Jateng Wadul Disnakertrans Semarang

SEMARANG (asatu.id) – Puluhan eks karyawan Koran Sindo Jawa Tengah akhirnya melaporkan tindakan perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak ke Disnakertrans Kota Semarang, Jl Ki Mangun Sarkoro Kota Semarang, Selasa (11/7).

Para eks karyawan tersebut juga menggelar aksi keprihatinan di halaman kantor Disnakertrans. Dalam aksinya mereka mengalungkan seragam KORAN Sindo di leher sebagai simbol keprihatinan mereka terhadap tindakan perusahaan.

Beberapa spanduk bertuliskan tuntutan Seperti tolak PHK Sepihak, Berikan Pesangon Sesuai Undang-Undang, Mana Janjimu Ingin Sejahterakan Rakyat, Pak HT? serta tuntutan-tuntutan lainnya mewarnai jalannya aksi.

Koordinator aksi, Agus Joko Mulyono mengatakan, aksi tersebut merupakan buntut dari PHK yang dilakukan perusahaan milik Hary Tanoesoedibjo itu. Perusahaan, menurut Agus, telah dzalim dengan melakukan PHK tanpa memberikan hak-haknya kepada karyawan. Ia menambahkan, pemutusan hubungan kerja tersebut terjadi di seluruh biro KORAN SINDO di Indonesia.

“Kami sebenarnya tidak keberatan dengan PHK yang dilakukan perusahaan Asalkan hak-hak karyawan diberikan dengan baik dan sesuai undang-undang no 13 tahun 2003 Pasal 156 ayat 2 tentang Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Pihaknya menerangkan, bahwa sudah berupaya mengundang perusahaan KORAN SINDO untuk melakukan perundingan dua pihak (bipartit) dengan karyawan terkait besaran pesangon.

“Setelah dua kali diundang dan perusahaan tidak hadir, akhirnya karyawan memutuskan untuk melaporkan masalah ini ke Disnakertrans Kota Semarang,” ucapnya.

Dengan melaporkan hal tersebut ke Disnakertrans, Agus berharap bisa difasilitasi Disnakertrans terkait perundingan tiga pihak (tripartit), yakni karyawan, perusahaan dan Disnakertrans.

“Kami berharap Disnakertrans dapat menjadi mediator perselisihan hubungan industrial antara kami dengan perusahaan,” tukasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *