Hadapi Arus Balik, Tol Fungsional Gringsing Siap Beroperasi

arus balikSEMARANG (asatu.id) – Guna mengatisipasi lonjakan kendaraan saat arus balik Lebaran 2017 ini, jalan tol fungsional dari Gringsing hingga Kaligangsa Brebes mulai dibuka kembali, Kamis (29/6) pukul 06.30 WIB.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono saat dimintai keterangan ketika pantauan di Stasiun Semarang Poncol, Kamis (29/6), mengatakan untuk mengurangi risiko kecelakaan di jalur sepanjang 110 kilometer tersebut sudah dilakukan perbaikan dengan pengaspalan di beberapa titik.

“Ada yang diperbaiki supaya titik-titik yang penuh debu tidak terlalu mengganggu pandangan pengemudi. Di jalur tersebut, pengemudi hanya mengambil tiket dan transaksi pembayaran dilakukan di Kaligangsa,” jelasnya.

Ia melanjutkan, di gerbang tol yang dilakukan transaksi tersebut berpotensi mengakibatkan penumpukan kendaraan sehingga rawan menyebabkan kemacetan. Namun hingga siang ini arus masih lancar, sambungnya.

Menurutnya, saat ini yang menjadi kekhawatiran adalah arus kendaraan yang berasal dari arah selatan atau Banyumas. Hal ini karena ada persimpangan pertemuan arus dari pantura dan jalur selatan.

Ia menambahkan di seluruh wilayah Jawa Tengah kemacetan yang terhitung parah terjadi di wilayah perbatasan Salatiga, Kabupaten Semarang, hingga Ampel Kabupaten Boyolali.

“Untuk mengurainya, sudah ada koordinasi antar Kapolres dari tiga wilayah tersebut untuk melakukan buka tutup jalur. Yang Terpenting adalah koordinasi, kapan yang Boyolali dibuka dan yang Salatiga dibuka. Itu adalah rencana rekayasanya,” pungkasnya.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *