Dishub Semarang Temukan BRT dengan Kepekatan Asap 99,9 Persen

dishubSEMARANG (asatu.id) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang kembali menggelar sidak uji emisi armada Bus Rapit Transit (BRT). Kali ini, pemeriksaan dilakukan di Jalan Pemuda untuk BRT koridor I hingga V. Sebanyak 14 dari 25 armada yang dilakukan pengujian dinyatakan tidak lolos uji emisi.

Kepala Dishub Kota Semarang M Khadik mengatakan, armada BRT yang tidak lulus uji emisi ini akan ditulis di berita acara dan kemudian diberikan kepada seluruh operator BRT sebagai bahan evaluasi.

Menurutnya, jika ada kendaraan atau armada yang kepekatannya melebihi ambang batas berarti operator BRT tidak memperhatikan perawatan armadanya. “Nanti kita akan beri teguran, karena ini menyangkut kenyaman masyarakat Kota Semarang,” ungkapnya, Jumat (16/6).

Ia menerangkan, bahwa kegiatan uji emisi tersebut merupakan agenda rutin 3 bulan sekali dari Dishub yang bertujuan memberikan kenyamanan kepada masyarakat khususnya yg tidak menggunakan BRT. “Karena BRT inikan menggunakan disel dan menggunakan solar, gas buangnya harus kita dikontrol secara rutin.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Layanan Umun (BLU) Dinas Perhubungan Kota Semarang Ade Bhakti membeberkan, terdapat 7 armada yang tidak lolos uji emisi dari koridor II. “Tadi juga ada satu armada dari koridor V yang tidak lolos. Bahkan tadi ada BRT dengan Kepekatan 99,9 persen,” tambahnya.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *