Irjen Pol Rycko Amelza Resmi Pimpin Akpol

akpolSEMARANG (asatu.id) – Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, resmi menjadi gubernur baru Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Jawa Tengah, Senin (12/6) pagi. Mantan Kapolda Sumatra Utara ini menggantikan Irjen Pol Anas Yusuf.

Irjen Pol Anas Yusuf untuk selanjutnya ditarik untuk menempati jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Utama di Bidang Pembinaan Pendidikan dan Latihan Lemdiklat Polri.

Pelantikan yang berada di lapangan Bhayangkara Akpol Semarang dipimpin langsung oleh Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Kalemdiklatpol) Komjen Pol Moechgiyarto.

Moechgiyarto mengatakan pelantikan kali ini sebagai upaya untuk meningkatkan mutu kualitas pendidikan para taruna Akpol.

“Mengingat Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel berkompeten dalam memimpin lembaga pendidikan khususnya Akpol,” ujarnya.

Setelah pelantikan kali ini pihaknya akan menghilangkan unsur kekerasan dalam Akpol sehingga tidak ada lagi kejadian seperti pengeroyokan yang diterima oleh taruna Akpol.

Ia juga menghimbau kepada taruna untuk menghilangkan tradisi kumpul kedaerahan yang dapat menimbulkan perpecahan di antara para taruna Akpol.

“Kami berharap agar setelah dilantik tidak ada lagi kekerasan di dalam Akpol dan juga mutu pendidikan di Akpol semakin baik,” katanya.

Mutasi Gubernur Akpol terjadi tidak lama setelah insiden kematian Taruna Tingkat II Brigadir Dua Mohammad Adam, yang dianiayaan oleh seniornya hingga tak bernyawa.

Dalam peristiwa itu, Polisi menetapkan 14 tersangka. Ke-14 tersangka yang merupakan taruna tingkat III ini dijerat dengan Pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan dan Pasal 351 KUHP tentang penganiayaan.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *