Pemkot Semarang Terapkan Layanan Berbasis Online Untuk Berantas Pungli

SEMARANG (asatu.id) – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengaku untuk memberantas adanya pungutan liar atau pungli, pihaknya terus berinovasi dengan memberlakukan berbagai layanan dengan sistem online.

“Ada Keterangan Rancangan Kota (KRK) online. Ada juga ATCS untuk memantau kemacetan lalu lintas. Kemudian ada Wis Semar bagi pengunjung Kota Semarang, dan lainnya,” ungkap Wali Kota yang akrab disapa Hendi ini, Jumat (12/5).

Hendi menambahkan, pemberlakuan layanan berbasis online tersebut untuk meminimalisir adanya tatap muka antara pegawai dengan masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan.

“Karena sering kali tatap muka itu dipakai untuk peluang kesempatan aktifitas yang tidak tepat seperti pungli atau membuat lama perijinan,” imbuhnya.

Pihaknya juga mengatakan, Pemkot Semarang juga memiliki portal web dengan alamat www.semarangkota.go.id sebagai muara semua informasi yang ingin diketahui masyarakat.

“Semua itu muaranya ke web pemkot itu. Kalo itu tersosialisasi dengan baik kepada masyarakat, pasti akan mengurangi tatap muka antara pegawai pemerintah dengan masyarakat,” katanya.

Selain itu, ia membeberkan, juga akan terus melakukan monitoring terkait hal tersebut yang sifatnya bisa dipantau oleh masyarakat Kota Semarang.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *