Dinas Perdagangan Targetkan H-3 Ramadan Harga Stabil

SEMARANG (asatu.id) – Pergerakan harga beberapa bahan pokok masyarakat di pasar tradisonal menampakkan adanya penurunan harga. Kebutuhan pokok yang mengalami penurunan harga yakni bawang putih dan lombok setan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto saat pemantauan harga dan makanan kedaluarsa di Pasar Pedurungan, Jumat (12/5).

Dikatakannya, harga lombok setan di Pasar Pedurungan turun dari Rp 70 ribu menjadi Rp 55 ribu per kilogram. Sedangkan bawang putih menjadi Rp 53 ribu sampai Rp 55 ribu per kilogram yang semula dibandrol Rp 59 ribu per kilo gram. Turunnya harga sejumlah kebutuhan pokok tersebut diperkirakan karena sudah ada intervensi dari pemerintah pusat.

“Tapi kalau secara umum harga kebutuhan pokok di pasaran masih ada pergerakan kenaikan antara Rp 500 sampai Rp 1.000. Kami targetkan harga-harga kebutuhan pokok tersebut sudah menjadi stabil pada H-3 puasa,” ungkapnya.

Untuk pantauan makanan kadaluarsa, Fajar menerangkan bahwa pedagang sudah semakin sadar untuk tidak menjual makanan yang sudah kedalursa dan merugikan pembeli. Dirinya hanya menemukan makanan ringan ciki dan kecap di salah satu kios dari sekitar 400 kios di Pasar Pedurungan.

Salah seorang penjual kue, Ita mengaku, dirinya sadar jika menjual batang expirwd akan merugikan dan membahayakan pembeli jika sampai dikonsumsi. “Setiap pulang Saya cek mana yang rusak dan kadaluarsa terus dipisahkan, meskipun kadang sudah dicek oleh sales,” tuturnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *