Semarang Gelar Kejuaraan Karate Internasional

SEMARANG (asatu.id) – Ratusan karateka asal mancanegara ikuti Kejuaraan Karate Internasional SEAKF Championship tahun 2017. Kejuaraan keenam ini berlangsung di Balaiurang Astina UTC Convention Hotel, Semarang.

Dalam kesempatan ini, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo secara resmi membuka kejuaraan yang baru pertama kali digelar di Indonesia itu.

“Terdapat 266 atlet dari negara Asia Tenggara, ada Brunei, Kamboja, Malaysia, Indonesia, Thailand, Vietnam, Singapore. Terdapat 56 kelas yang mereka rebutkan,” ujarnya saat ditemui asatu.id, Kamis (4/5) malam.

Pada kesempatan ini, Jenderal bintang 4 itu mengucapkan selamat datang kepada delegasi federasi karate se Asia Tenggara dan sekaligus mengungkapkan rasa bangga karena dipercaya untuk menyelenggarakan kejuaraan ini di Indonesia.

Kejuaraan karate ini, lanjut dia, bukan merupakan kegiatan rutin Asia Tenggara Karate Federation, kendati demikian kejuaraan ini merupakan ajang untuk menguji dan mengukur kemampuan para atlet dalam kejuaraan internasional.

Jenderal kelahiran Tegal itu berharap para atlet dapat berkompetisi secara sehat dan adil, tetapi lebih dari itu kejuaraan sebagai upaya menjaga persahabatan, perdamaian, dan kesejahteraan di kawasan Asia Tenggara.

“Melalui kejuaraan ini para karateka negara-negara ASEAN, mendapatkan kesempatan untuk mempersiapkan diri sebelum berlaga di Olimpiade 2020 di Jepang. Saya berharap tim Merah Putih dapat berkibar di Jepang,” jelas Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) itu.

Selain itu,  kejuaraan internasional itu sebagai ajang persiapan para atlet berlaga di Sea Games Kualalumpur bulan Agustus mendatang, dan Asian Games di Indonesia 2018.

“Saya melihat semangat dan antusiasme yang tinggi diantara para atlet dan diharapakan dapat bertanding dengan menjunjung tinggi sportifitas, semangat replay dan semangat persaudaraan,” pungkasnya.

Pembukaan kejuaraan karate internasional yang berlangsung 2 hari ini, Kamis (4/5) hingga Jumat (5/5) dihadiri oleh Presiden Federasi Karate Asia Tenggara, para Eksekutif Komite AKF, para Presiden Federasi Karate Nasional negara sahabat di Asia Negara, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman dan para pejabat TNI, Wakapolda Jateng, para Pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jawa Tengah, dan Kota Semarang.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *