Dari Cupang, Adi Bisa Beli Mobil dan Rumah

SEMARANG (asatu.id) – Tak bisa dipungkiri, bagi sebagian orang ikan cupang memiliki kharisma tersendiri. Selain itu ikan yang punya nama latin Betta sp ini punya nilai ekonomis yang tinggi dan punya banyak peminat.

Adi Santoso, warga Banyumanik Semarang salah satunya. Bermula dari hobi dan keisengannya jualan dan menjadi broker ikan cupang saat SMA, sekarang pria asli Semarang ini sudah mampu membeli mobil dan rumah.

Ia mengakui, bahwa media sosial menjadi sarana paling maksimal dalam menjual koleksi ikan cupangnya.

“Aku jualannya lewat medsos, contohnya seperti menggunakan Facebook,” katanya.

Dulu ia mengaku hanya mempunyai satu rak kecil koleksi ikan cupang, dan dari situ ia bisa mendapat penghasilan satu sampai dua juta rupiah.

Kini dengan ketekunannya berbisnis ikan cupang, seperti dengan rajin memfoto ikan dagangannya dan mengunggahnya ke sosial media, dirinya mengaku telah mendapat banyak berkah.

Jika penjualannya sedang ramai, dia bisa mengantongi pendapatan hingga Rp 5 juta perbulan. Walaupun diakuinya, untuk masalah omzet pasti ada naik turunnya.

“Semakin rajin kita unggah foto, omzetnya juga akan semakin tinggi,” katanya.

Selain itu, untuk melayani pembeli yang langsung datang ketempatnya, dirinya mematok harga ikan cupangnya mulai dari harga Rp35.000 hingga jutaan rupiah tergantung jenis, motif dan siripnya.

Disinggung mengenai pangsa pasarnya, pria berparas kalem ini lebih tertarik dengan pangsa pasar dan konsumen dari luar negeri. Itu dikarenakan dalam sekali penjualan ikan cupangnya, ia bisa mendapat untung berlipat.

“Enakan ke luar negeri harganya lumayan, minimal 25 dolar, kalau pas kita hoki mereka kita tawari 100 dolar juga mereka mau,” ucapnya

Untuk penjualan paling jauh, Amerika pernah menjadi tujuannya terjauhnya dalam menjual ikan cupangnya. Dan untuk dalam negeri, hampir seluruh kota pernah ada konsumen yang memesan Betta Sp nya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *