Tips Melawan Berita Hoax Ala Ganjar

Tips Melawan Berita Hoax Ala GanjarSEMARANG (asatu.id) – Maraknya berita hoax (berita bohong) yang beredar luas di masyarakat melalui media, membuat semua kalangan menjadi resah akan keberadaanya. Tak terkecuali Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Menanggapi akan hal itu, mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI dari Fraksi PDI Perjuangan itu memberikan tips untuk melawan berita hoax.

“Ukurannya adalah kepantasan dalam menyampaikan sesuatu berita, kemudian secara pribadi tidak menyebarkan berita yang tidak pantas,” ungkapnya saat ditemui asatu.id di Wisma Perdamaian Semarang, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, berita hoax dapat membuat persoalan yang bisa memecah belah masyarakat.

“Orang baik dan orang yang mengerti tentang berita itu harus ikut bicara, serta cepat menghapus berita yang merugikan dan tidak pantas. Maka perlu adanya perlawanan terhadap berita hoax untuk menjaga keutuhan merah putih,” tegasnya.

Untuk melawan berita hoax, Dia pun mengimbau kepada semua kalangan agar jangan bicara apa yang membuat hati panas, jangan berkata apa yang tidak bisa dipertanggung jawabkan, serta jangan menanggapi akun-akun yang tidak terverifikasi.

Sementara itu, KH Mustofa Bisri atau yang akrab di sebut Gus Mus mengatakan, abaikan hal-hal yang dapat merusak keutuhan dan keamanan bangsa.

“Menghadapi penyebaran berita hoax, yang berlaku bukan lagi sing waras ngalah, tapi justru sing waras ojo ngalah,” pungkasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *