Dalang Pemula Kota Semarang Adu Tangkas di Festival Dalang 2017

Dalang Pemula Kota Semarang Adu Tangkas di Festival Dalang 2017SEMARANG (asatu.id) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang menggelar Festival Dalang 2017 tingkat kota yang diadakan di gedung pertunjukan Seni Budaya Sobokarti Jalan Dr Cipto.

Sebanyak 57 dalang pemula dari usia anak-anak hingga dewasa dari Kota Semarang beradu seni mendalang.

Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Kasturi mengatakan, festival tersebut adalah untuk memeriahkan hari jadi Kota Semarang ke-470. Selain itu juga menjadi tempat bagi para dalang pemula untuk mengeksplorasi kemampuan mereka dalam seni budaya wayang kulit.

“Ini sudah tahun kedua digelarnya festival dalang, tujuannya untuk mewujudkan Semarang Kota Budaya, kota pusaka, dan kota tujuan wisata,” ungkapnya.

Ia menerangkan bahwa, para dalang pemula harus mempertunjukan kemahirannya selama satu minggu penuh mulai 21-26 April. Tetkait dengan pesertanya, lanjut Kasturi, terdiri dari 31 dalang cilik berusia sekitar 6-15 tahun dan 26 dalang dewasa.

Untuk jurinya ia menjelaskan, terdiri dari 3 orang profesional di bidangnya. Yaitu 2 orang dari Sobokarti dan seorang lagi dari Akademi Seni Mangkunegara (ASGA). Penilaiannya dilihat dari dalam sanggit laket, sabetan, suluk, antawacana dan udanegara.

“Pemenangnya akan dapat piagam penghargaan, tropi, serta uang pembinaan. Dan punya kesempayan nonton gelaran wayang kulit tingkat kota pada 27 April dan berdialog dengan dalang Ki Manteb Sudarsono,” ucapnya.

Selain itu dia berharap, dari acara tersebut, akan tumbuh semangat dan komitmen semua unsur masyarakat untuk semakin peduli dengan kesenian wayang serta menjadi ajang bersatunya para dalang di kota ini.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *