BRT Rute Baru Dilaunching, Gratis Tiga Hari Pertama

(Vedyana Ardyansah/asatu.id)

SEMARANG (asatu.id) – BRT Trans Semarang Koridor baru 5 dan 6 resmi diluncurkan. Peresmian peluncuran dilakukan oleh Sekda Kota Semarang, Adi Tri Hananto dengan pemecahan kendi dan pengguntingan untaian melati. Dilanjutkan uji coba BRT di kawasan Undip Tembalang.

Sekda Kota Semarang, Adi Tri Hananto mengatakan, terkait penyedia transportasi umum yang keberatan adanya Bus Rapid Transit, pemkot tidak akan mematikan angkutan umum yang sudah ada. Tapi pemerintah perlu menyediakan transportasi yang aman dan nyaman.

“Diharapkan ada persaingan sehat, dan pemkot siap berdikusi jika ada permasalahan,” ucapnya, Jumat (31/3).

Armada Bus Rapid Transit yang diluncurkan pada koridor 5 ini adalah bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan untuk armada koridor 6 merupakan bantuan Kementerian Perhubungan tahun anggaran 2016.

Koridor 5 memiliki rute layanan Meteseh – PRPP, sedangkan koridor 6 memiliki rute Undip – Unnes. Operasional koridor Bus Rapid Transit ini akan mengedepankan pelayanan dan kepuasan masyarakat dari sekadar profit atau keuntungan.

“Pemkot akan mengutamakan keselamatan pengguna Bus Rapid Transit. Karena itu, pengelola BRT harus menjamin tidak akan terjadi lagi kejadian kecelakaan yang melibatkan BRT,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dishub Kota Semarang Triwibowo menerangkan, bahwa peluncuran koridor 6, katanya menjawab permintaan mahasiswa yang menginginkan trasportasi khusus ke kampus yang nyaman.

“Tarif hanya 1.000 untuk mahasiswa seperti halnya pelajar lainnya, tapi dosen tetap 3.500. Setelah peluncuran ini gratis selama 3 hari, tanggal 31 Maret-2 April,” terangnya.

Menurutnya, saat ini dengan 4 koridor yang sudah beroperasi dengan jumlah penumpang 21.730 orang per hari. Dengan ditambah 2 koridor targetnya diperkirakan meningkat menjadi 23.740 penumpang atau naik 12,3%.

“Dengan banyaknya jumlah penumpang, ini menunjukan BRT mampu menggeser kendaraan pribadi dan masyarakat beralih menggunakan BRT,” tukasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *