Rumah Pintar Pemilu Berbasis Digital jadi Pilihan KPU Kota Semarang

SEMARANG (asatu.id) – Diresmikannya Rumah Pintar Pemilu (RPP) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, diharapkan mampu memberikan informasi kepada masyarakat Kota Semarang. Hal tersebut diterangkan Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono saat peresmian RPP di Gedung Pandanaran lantai 5, Kamis (30/3).

“Rumah Pintar Pemilu kami buat berbasis digital. Ini dikarenakan tempat kantor kami terbatas. Jadi data-data yang kita sajikan ada di komputer, berbentuk video, film juga ada,” ungkapnya.

Pihaknya mengaku, bahwa dalam pembuatan RPP tersebut sudah dilakukan pengumpulan data-data yang dianggap penting sebelum diperintah KPU RI. Dalam menyusun rumah pintar, ia dibantu mahasiswa Udinus seperti dalam membuat film, video sederhana, dan game pemilu.

“Dengan rumah pintar ini, harapannya KPU semakin dicintai dan dipercaya masyarakat, dan seluruh penyelenggaraannya bisa diterima publik dengan baik,” ujarnya.

Peresmian Rumah Pintar dihadiri oleh Anggota KPU Pusat Sigit Pamungkas dan Kepala Kesbangpol Kota Semarang Isdiyanto.

Lebih lanjut Henry mengatakan, bahwa tidak ada syarat khusus bagi masyarakat Kota Semarang dalam mengakses RPP tersebut. “Tidak ada syarat khusus. Masyarakat boleh menggunakannya. Dan ini gratis,” ucapnya.

Selain itu ia mengatakan bahwa kedepan, informasi yang berada di RPP ini nantinya akan tetap berguna dan bermanfaat di masa yang akan datang. “Informasi di RPP ini akan berharga 40 tahun kedepan. Dan sangat berharga bagi entitas pemilu, peneliti, dosen, mahasiswa, parpol, dan media massa yang menginginkan informasi terkait tahapan pemilu,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kota Semarang Isdiyanto mengharapkan, rumah pintar pemilu ini benar-benar dapat menjadi rumah yang memberikan pencerahan atau memintarkan masyarakat, terutama soal pemilu.

“Dengan pengetahuan yang lebih baik tentang pemilu, tentu nantinya akan meningkatkan partisipasi masayarakat saat pemilu,” tukasnya

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *