E-retribusi Pasar, Strategi baru Hindarkan Pungli

(Vedyana Ardyansah/asatu.id)

SEMARANG (asatu.id) – E-retribusi akan segera diterapkan Pemerintah Kota Semarang dalam pelaksanaan pembayaran retribusi bagi pedagang Pasar Tradisional. Pemkot dalam hal ini Dinas Perdagangan akan bekerjasama dengan Bank Jateng sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) dalam realisasinya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, E-retribusi tersebut adalah langkah baru untuk meminimalisir potensi pungutan liar (pungli) yang mungkin terjadi.

Dengan menggunakan E-retribusi, Ia berharap akan lebih mempermudah para pedagang membayar retribusi. Ditargetkannya, tahun 2020 seluruh pedagang di Kota Semarang telah menggunakan retribusi elektronik ini.

“Ini kan kasihan staff kami. Dalam penarikan retribusi manual itu kalau ada kelebihan nanti dikhawatirkan pungli, maka upayanya terakhir kita pakai E-retribusi, suka tidak suka pedagang harus memakai e-retribusi,” ujar Fajar Purwoto, Rabu (22/3).

Pihaknya menambahkan, bahwa E-retribusi akan dilakukan di lima pasar tradisional. Pemerintah akan efektif memberlakukan itu di tahun 2018 mendatang. “Termasuk Pasar Bulu akan kami design untuk percontohan akan kami kerjasamakan dengan BPD Jateng.”

Selanjutnya, pihaknya akan mengundang pihak Bank Jateng untuk melakukan koordinasi dan sosialisasi kepada para pedagang. “Nanti kami akan sinkronkan programnya dengan BPD. Karena BPD kan yang akan menjalankan aplikasi tersebut,” imbuhnya.

Dinas Perdagangan akan memonitor ketaatan para pedagang dalam membayar retribusi melalui server yang ada. Dan akan memberikan teguran tertulis kepada pedagang yang menunggak.

“Jadi ada server untuk monitor antara di Dinas Perdagangan sama BPD Jateng, jadi mana-mana pedagang yang nunggak akan kami surati secara tertulis,” katanya.

Dirinya mengakui, akan ada beberapa kendala yang akan dihadapi. Namun menurutnya, akan berjalan lancar seiring berjalannya waktu dan keterbiasaan para pedagang.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *