BLH akan Bentuk UPTD Baru Buat

SEMARANG (asatu.id) – Dinas Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Semarang berencana membentuk Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) tingkat Kecamatan untuk mengurusi sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS).
“Nanti kita dapat 90 kontener baru untuk peremajaan. Nanti kita inventarisirkan di 8 UPTD. Mulai dari armadanya dan supirnya”, ucap Kepala Dinas BLH, Gunawan Saptogiri, Selasa, (7/2).
Dia mengatakan, bahwa nantinya setiap UPTD akan membawahi 2 Kecamatan. Dan jumlah setiap truk setiap kecamatan pun berbeda tergantung kebutuhannya.
Mengenai waktu Ritasi atau loading pembuangan sampah, dia menerangkan, bahwa proses Ritasi disesuaikan dengan armada yang ada. dia juga berharap, proses Ritasi sesuai dengan waktunya. “Kalo Ritasi itu dilaksanakan malam, berarti kan harus ada yang kerja malam, ini akan jadi evaluasi kita. Sebetulnya yang terpenting itu kontener mengangkut sampah tidak bau, tidak jatuh dan sebagainya”, ucapnya.
Selain itu, pihaknya mengaku juga kan melakukan pembenahan di. “Mudah-mudahan kita ada anggaran di 2018. Nanti kita rencana di TPA itu ada mesin cucinya. Sehingga truk atau kontener keluar dari TPA bisa bersih”, ujarnya.
Dia menambahkan, dalam proses ritasi di setiap TPS juga sudah ada pengukuran dan ketentuannya. Lanjut Gunawan, yang paling penting ialah sebelum TPS itu penuh sudah harus ada ritasinya. “Setelah ada UPTD nanti, saya harapkan UPTD bisa menghitung betul kondisi di lapangan. Jangan sampai ada penumpukan sampah,” tambahnya.
Lanjutnya, dia juga menjelaskan bahwa nantinya, di setiap TPS kondisinya akan tertutup. “Nanti kita akan tutup TPS, sehingga terlihat bersih dan tidak mengganggu masyarakat. Karena sekarang ini kalau masyarakat di kasih TPS mesti gak mau. Kemudian bila perlu satu TPS ada petugas yang khusus membersihkan TPS di situ”, tukasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *